Polisi Gulung Sindikat Pembuat Buku Nikah Palsu di Cilincing, Siapa Penggunanya?

Popnesia.com - Sindikat pemalsu buku nikah di rumah susun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, dibongkar polisi. Sebanyak tujuh pelaku berhasil dibekuk.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan warga tentang transaksi buku nikah palsu di kawasan tersebut.

Menurut Yusri, polisi lebih dulu salah satu pelaku yang menyewa rumah susun tersebut. Dari tangan pelaku polisi menyita sejumlah buku nikah palsu yang akan dikirim ke pemesan.

"Darinya telah berhasil menyita dua pasang buku nikah palsu yang sudah jadi dan siap dikirimkan kepada para pemesan," kata Yusri dalam keterangan tertulis, Selasa (16/3).
Setelah dilakukan pengembangan enam pelaku lain dibekuk di beberapa lokasi. Dari hasil pemeriksaan, sindikat ini menjual buku nikah palsu senilai Rp 550 ribu.
"Dijual kepada para pemesan dengan kisaran harga masing-masing sebesar Rp 550 ribu," ujarnya.

"Rata-rata digunakan oleh para pengguna di antaranya untuk dijadikan sebagai syarat legalitas status suami istri, sebagai syarat pembiayaan kredit, pembuatan akta, BPJS, daftar diri ke pihak ketua lingkungan, sewa rumah kontrakan atau kos dan lainnya," tambahnya.
Adapun ketujuh pelaku yang ditangkap yakni, Sulaeman, Asep Heri, Bangun Subakti, Kasroh, Yusuf, Sumarno dan Ahmadi. Para pelaku sudah ditetapkan sebagi tersangka.
Atas perbuatannya mereka di jerat Pasal 263 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman penjara 6 tahun.
(Kumparan)

Subscribe to receive free email updates: