Misteri Penyebab Kecelakaan Bus Maut di Tanjakan Sae Sumedang

Popnesia.com - Kepolisian dan instansi terkait lainnya masih terus berupaya menggali informasi untuk mengungkap penyebab pasti kecelakan bus maut di Tanjakan Cae, Wado, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/3/2021) lalu. Saat ini, bangkai bus Sri Padma Kencana yang terperosok ke jurang telah dievakuasi dari dasar jurang.

"Sampai saat ini, setelah diangkut kendaraan bus yang jatuh ke jurang itu masih dilakukan penyelidikan penyebabnya seperti apa," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago saat dikonfirmasi, Senin (15/3/2021).

Selain menyelidiki bangkai bus, lanjut Erdi, pihaknya telah meminta keterangan dari sekitar 10-15 orang saksi, termasuk korban selamat, agar penyebab pasti kecelakaan tersebut segera terungkap.

"Tentunya ada beberapa (pihak) yang akan diminta keterangan, termasuk pemilik dari kendaraan bus itu," katanya.

Lebih lanjut Erdi memastikan bahwa jumlah korban tewas akibat kecelakaan maut tersebut tidak bertambah. Hingga saat ini, korban tewas mencapai 29 orang dimana 27 orang di antaranya meninggal di lokasi kejadian. 

"Satu korban (lainnya) meninggal di ICU dan satu lagi di IGD (RSUD Sumedang)," ujar Erdi.
Meski penyebab pasti kecelakaan tersebut masih menjadi misteri, namun Erdi mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi awal, bus nahas tersebut sempat mengalami rem blong sebelum terjun ke jurang.

"Penyebabnya sejauh ini belum diketahui, cuma di awal informasi penyebabnya yakni rem blong," katanya.

"Dengan info awal tersebut, dari Ditlantas dan Satlantas Sumedang itu melakukan penyelidikan. Apakah benar penyebab kecelakaan di awali karena rem blong, masih dilakukan penyelidikan," ujar Erdi seraya mengatakan, sejauh ini belum ada tersangka dalam peristiwa kecelakan tersebut.

Diketahui, kecelakaan maut tersebut menimpa bus pariwisata Sri Padma Kencana di Tanjakan Cae Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/3/2021) menjelang magrib.

Bus pariwisata bernomor polisi T 7591 TB itu membawa rombongan study tour dan ziarah SMP IT Muawanah, Cisalak Subang dari Pangandaran dan Tasikmalaya. Bus nahas itu terperosok ke jurang dalam perjalanan pulang menuju Subang. 
(Inews)

Subscribe to receive free email updates: