BNI Akan Blokir Kartu ATM, Begini Kebijakannya

Popnesia.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI akan memblokir kartu debit nasabahnya yang masih menggunakan strip magnetik (magnetic stripe) per 1 Mei 2021. Aturan ini diberlakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan data nasabah dengan mengubahnya ke kartu berteknologi chip.

Sekretaris Perusahaan BNI, Mucharom mengatakan, jika nasabah BNI masih menggunakan kartu debit jenis strip magnetik, baik yang masa berlakunya sudah berakhir atau yang akan jatuh tempo, maka diharuskan untuk segera melakukan penggantian kartunya paling lambat 30 April 2021.

"Jika sampai dengan batas waktu tersebut belum dilakukan penggantian kartu menjadi kartu BNI debit chip, maka BNI dapat melakukan penonaktifan kartu debit tersebut," kata Mucharom saat dihubungi kumparan, Minggu (28/2).

Penggantian kartu debit berbasis strip magnetik menjadi chip sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.
Penggantian kartu debit strip magnetik ke chip ini dapat dilakukan dengan mengunjungi seluruh Kantor cabang BNI terdekat atau melalui BNI SONIC (Self Service Opening Account yaitu layanan cepat BNI, yang di antaranya untuk melakukan pembukaan rekening dan ganti kartu secara self service selama 24 jam) tanpa dikenakan biaya.
(Kumparan)

Subscribe to receive free email updates: