Musim Pandemi Sandiaga Dorong Mahasiswa Geluti Ekonomi Kreatif, Sandiaga: Jangan Kelamaan Rebahan

Popnesia.com - Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam kuliah perdana Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Dalam kesempatan itu, dia mengajak mahasiswa menjadi pengusaha ekonomi kreatif dan berperan dalam mengembangkan desa wisata.

"Jangan kelamaan rebahan. Jadilah pengusaha, buka lapangan kerja. Pertama untuk diri sendiri setelah itu sekitar kita. Kalau mencari kerja susah, kenapa kita nggak bikin usaha untuk membuka lapangan pekerjaan," ujar Sandiaga dalam siaran Youtube Live Streaming Unpad, Senin (15/2/2021).

Dia mengatakan, ada banyak sektor ekonomi kreatif yang diterpa pandemi. Namun di sisi lain, sektor Fintech, Aplikasi, dan Game Developer mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Memang sebagian besar terdisrupsi karena pandemi ini. Namun ada beberapa sektor yang bukan hanya bertahan, tapi juga jadi pandemic winner. Menjadi pemenang, mengambil peluang. Jawaranya pandemi," ujarnya.

Kemenparekraf sendiri memiliki 17 bidang ekraf di antaranya yaitu, Aplikasi, Pengembang Permainan, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion, Film Animasi dan Video, Fotografi, Kriya, Kuliner, Musik, Penerbitan, Periklanan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Televisi dan Radio.

Selain dalam bidang ekonomi kreatif, Sandiaga juga mendorong mahasiswa untuk membangun desa wisata. Menurutnya, Indonesia Ekowisata saat ini digalakkan melalui pertumbuhan desa wisata.

"Kita punya lebih dari 75 ribu desa di mana seribu lebih berpotensi jadi desa wisata. Perhatian khususnya adalah satu lapangan pekerjaan. Ini harus menggerakkan ekonomi rakyat, seluas-luasnya kita berikan peluang kita bagi para pengusaha-pengusaha pemula," jelasnya.

Kemudian tidak hanya pengusaha saja, sektor UMKM pun 97 persen sebagai pencipta lapangan kerja dan 60 persen penggerak ekonomi akan dilibatkan dalam pengembangan desa wisata. "Nanti kita akan memacu tumbuhnya ekonomi kreatif seperti kriya dan fashion," kata Sandiaga.

"Kita juga berikan kesempatan praktek kerja dari adik mahasiswa dan inilah yang jadi peluang untuk buka usaha kedepannya. (Ketiga) tingkatkan upaya pelestarian lingkungan, proyeknya eco tourism. Cari keseimbangan manfaat ekonomi dan pelestarian budaya alam sekitar desa," imbuhnya.

(Detik.com)

Subscribe to receive free email updates: