Ini toh Asal Usul Nama Abu Janda yang dipakai Permadi Arya

Popnesia.com - Nama Abu Janda terus ramai diperbincangkan publik. Pasalnya dia dipolisikan usai menghadapi dua persoalan, dugaan penghinaan pada Islam, dan ejekan pada seseorang. Di balik itu semua, tentu publik masih ada yang penasaran, bagaimana asal usul pegiat media sosial Permadi Arya bisa disebut-sebut dengan nama Abu Janda.

Terkait hal ini Permadi lantas menguraikannya. Hal itu dia sampaikan dalam wawancara di saluran Youtube dengan judul Abu Janda Bicara Islam Arogan, Evolusi hingga Buzzer Jokowi, yang tayang pada Senin 1 Februari 2021.

Menurut Permadi Arya, asal usul nama Abu Janda itu muncul pada 2015 lalu. Ketika itu nama Permadi viral usai video parodinya muncul soal kelompok teror ISIS.

Saat itu ada Panglima ISIS dari Indonesia bernama Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al-Yemeni al-Indonesi membuat video ancaman. Publik di Tanah Air heboh karena ada orang Indonesia yang gabung ISIS dan menjadi panglima di sana.

"Nah dalam tradisi ISIS, kalau gabung ke mereka kan namanya menjadi Abu. Seperti Abu Jandal ini. Ketika itu dia bikin video viral yang ancam bawa pasukan ISIS ke Indonesia, mau bunuh Polri, TNI, bahkan Moeldoko yang saat itu jadi Panglima TNI," katanya, dikutip Selasa 2 Februari 2021.

Ketika banyak orang ketakutan, Permadi lantas berinisiatif untuk membuat parodinya. Dia lantas menggunakan baju yang sama, termasuk kelengkapan yang sama, namun dengan kata-kata yang diplesetkan. Artinya jika Abu Jandal mengancam TNI, Permadi menggantinya dengan KPI, dan sebagainya.

Tak disangka, kata dia, video parodinya itu justru jauh lebih viral dari Abu Jandal. Sejak saat itulah, dia merasa ada hal yang bisa dia jual kepada publik tentang dirinya. Termasuk sebagai caranya untuk menangkal radikalisme di Indonesia dengan cara yang unik.

Kisah asal usul Abu Janda kian disorot
Menurut Permadi Arya, melihat antusiasme publik akan video yang dia buat, dia seakan menemukan resep jitu menangkal radikalisme dengan humor dan komedi.
Sebab dengan humor dan komedi, radikalisme dipercaya dapat mendeligitimasi hal yang menyeramkan di balik itu.

"Istilah orang Jawa itu ngece. Saat itu, BBC bahkan sempat menulis tentang aku dengan judul melawan radikalisme dengan humor. Nah itulah asal usul Abu Janda, sampai sekarang. Aku ambil nama Abu Jandal, namun L nya aku hilangin."

Dia menolak anggapan asal usul Abu Janda berasal dari bapaknya dari para janda. Sebab julukan itu memang diakui sempat dilontarkan oleh penceramah Felix Siauw.

Sejak dari sana, Permadi mengakui jika konten adalah bagian dari hidupnya sehari-hari. Dia bahkan rajin membuat konten karena menghasilkan uang dari sana. Baik dari konten pendek untuk Instagram, konten panjang seperti Youtube, dan lainnya.

"Aku outsourcing, ada yang fee-nya per konten. Ada yang minta bulanan. Itu sudah jadi profesi. Sementara untuk tema, saya memang fokus ke radikalisme dan intoleransi," katanya. (Hops.id)

Subscribe to receive free email updates: