Bukan Vonis Mati, Eks Ketua KPK Usul Hukuman Ini Buat Juliari Batubara-Edhy Prabowo


Popnesia.com - Kasus korupsi yang menjerat mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara dan eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo kembali menjadi perbincangan. Hal ini setelah keduanya dinilai pantas mendapatkan hukuman mati akibat kasus korupsi di tengah pandemi virus corona.

Namun, mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo memiliki usulan tersendiri. Menurutnya, hukuman paling tepat bagi Juliari Batubara dan Edhy Prabowo adalah dengan memiskinkan mereka.

Hukuman ini biasa dilakukan di Singapura. Agus menilai Indonesia dapat meniru contoh hukuman untuk memiskinkan koruptor ketimbang melakukan hukuman mati. Hukuman tersebut juga bisa diperberat dengan melarang Juliari dan Edhy memiliki rekening bank dan usaha.

”Jadi dimiskinkan dulu,” ujar Agus dalam diskusi virtual \"Saat Kapolsek Yuni Pesta Sabu dan Eks Menteri Korupsi\" yang digelar Medcom.id, Minggu (21/2). “Harta yang dinikmati mereka dirampas semua.”

”Bahkan kan kalau TPPU kan sampai menelusuri semua. Nah setelah itu setelah kerugian negara juga dituntut,” sambungnya. “Kemudian akses dia seperti bukan manusia lagi, sampai punya rekening bank saja enggak boleh, usaha enggak boleh.”

Mengenai muncul banyak desakan agar Juliari dan Edhy sebaiknya dihukum mati, Agus menilai hal itu wajar. Namun secara pribadi, ia menilai hukuman memiskinkan koruptor memiliki efek jera yang jauh lebih tinggi.

”Kalau saya terus terang, tepat apa yang dilakukan oleh Singapura, hukumannya untuk koruptor itu bukan mati, tapi eksistensi sosialnya yang dimatikan dari berbagai segi kehidupan,” jelas Agus. “Sampai punya rekening saja enggak boleh, punya usaha enggak boleh.”

”Pada waktu hukuman mati itu diterapkan pada teroris, ternyata kan juga kurang efektif kan?,” sambungnya. “Bahkan ada orang yang memimpikan, mereka memimpikan mati, supaya apa bahasanya mereka akan dipeluk oleh bidadari di surga. Ini kan juga kan gak menimbulkan efek jera.”
(Wowkeren)

Subscribe to receive free email updates: