Berdasarkan PPI : Elektabilitas AHY Geser Sandiaga Uno, Berikut Surveinya

Tap here to start composing...

Popnesia.com - Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei nasional dengan tema 'Evaluasi Kinerja Pemerintah dan Jalan Panjang Menuju 2024'.

Berdasarkan survei tersebut, Elektabilitas menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno digusur oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menjelaskan, dalam survei ini responden diberikan pertanyaan terkait siapa yang akan dipilih menjadi Presiden RI, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak boleh maju mencalonkan lagi pada 2024 nanti.

"Elektabilitas Sandiaga Uno justru menurun. Elektabilitas Sandi pada survei sebelumnya selalu masuk 5 besar, saat ini terdepak dari 5 besar. Disinyalir persepsi negatif masuknya Sandi ke Kabinet Kerja Jokowi," kata Adi melalui pers rilis, Minggu (21/2/2021).

Sebaliknya, Adi mengatakan, elektabilitas Risma naik signifikan dan sudah mampu menembus peringkat 5 menggeser Sandi.

Namun, posisi Risma sangat tipis dengan AHY yang berada di posisi keenam.

"Elektabilitas Tri Rismaharini 5,8 persen, naik signifikan dan sudah mampu merangsek ke peringkat 5. Tipis di atas Agus Harimurti Yudhoyono 5,3 persen," ucap Adi.

"Meningkatnya elektabilitas Tri Rismaharini diakibatkan ekspos media yang meningkat sejak ditunjuk menjadi Menteri Sosial," imbuhnya.

Subscribe to receive free email updates: