Sempat Dikabarkan Sesak Napas, Begini Kondisi Terkini MRS di Tahanan

Popnesia.com - Polri memastikan kondisi eks pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dalam keadaan baik, meski sempat mengeluhkan sakit sesak napas. Kondisi ini diketahui setelah Rizieq menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin di tahanan.

"Kondisi MRS (Muhammad Rizieq Shihab) saat ini baik-baik saja. Kesehatan sama seperti tahanan lainnya selalu dikontrol secara rutin oleh dokter Polri. MRS bisa melakukan aktvfitas seperti biasa," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi merdeka.com, Senin (25/1/2021).

Ahmad memastikan kondisi Rizieq dalam keadaan baik setelah penyidik menerima hasil pemeriksaan kesehatan dari RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur.
"Hari Jumat, 22 Januari 2021 hasil lab atas nama MRS dari RS Polri, Kramat Jati sudah diserahkan kepada penyidik, dan menurut dr Hambek, Satkes Pusdokkes kondisi kesehatan MRS secara umum baik," terangnya.
Dengan hasil pemeriksaan tersebut, maka Polri tidak mengizinkan Rizieq Shihab dibawa ke RS Ummi, Bogor untuk perawatan medis. "MRS tidak diizinkan dirawat di RS, karena kondisinya secara umum baik-baik saja," ujar Ahmad.

Sesak Napas karena Maag

Sebelumnya, salah satu kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengungkapkan bahwa kliennya masih sakit dan kondisinya belum membaik. Rizieq Shihab saat ini masih berada di Rutan Bareskrim Polri.

"Alhamdulillah ala kulli haal, Habib masih sakit, mohon doanya untuk kesembuhan Habib," kata Aziz saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (23/1/2021).

Aziz mengatakan bahwa Rizieq mendapatkan penanganan yang baik selama berada di Rutan. Dia pun mengapresiasi pelayanan kesehatan yang diberikan Polri kepada Rizieq.
Meskipun begitu, tim hukum Rizieq tetap berencana untuk membawanya ke RS Ummi, Bogor untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Seperti yang diketahui, RS Ummi merupakan rumah sakit tempat Rizieq melakukan swab test.

"Yang jelas kami apresiasi penanganan pihak Dokkes (Kedokteran dan Kesehatan) Mabes Polri terhadap HRS," ujarnya.
"Belum tahu kapan ke RS Ummi-nya. Habib saat ini masih berada di tahanan rutan Bareskrim Mabes Polri," lanjut Aziz.

Secara terpisah, Ichwan Tuankotta yang juga merupakan kuasa hukum Rizieq Shihab mengungkapkan, kliennya mengalami sesak napas karena memiliki riwayat penyakit maag yang sudah akut, bukan riwayat jantung.

"Iya (bukan jantung), beliau sesak napas karena asam lambungnya naik. Soalnya maag-nya rada akut," kata Ichwan saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (22/1/2021).

Ichwan juga membenarkan bahwa Rizieq harus menggunakan tabung oksigen agar bisa bernapas dengan baik.
(Liputan6)

Subscribe to receive free email updates: