Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalan, Motor Bodong dan Pengendara Tidak Ada SIM Bagaimana?

Popnesia.com - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berkeinginan meniadakan tilang di jalanan. Sanksi tilang akan dilakukan berbasis elektronik.

Keinginan itu diungkapkan saat Sigit mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Menurut kabareskrim ini, ke depan mekanisme tilang akan dilakukan serba elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

"Khusus di bidang lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau ETLE. Ini bertujuan untuk mengurangi proses penilangan guna menghindari penyimpangan saat anggota melaksamakan proses tersebut," tuturnya.

Paparan visi dan misi itu pun mendapat reaksi masyarakat. Di media sosial, rencana penghapusan tilang itu riuh dibicarakan warganet (netizen). Banyak yang mendukung, namun tak sedikit yang mempertanyakan.

“Cakep solusinya jadi semua yg ditilang bisa jelas kesalahannya, cuman di kita kan masih banyak STNK yang bukan a/n pemilik aslinya?,” kata akun @EU63N3 di Twitter, dikutip Kamis (20/1/2021).

Akun Mbah Upi juga mempertanyakan dampak ketiadaan tilang di jalan, terutama terhadap kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat.

“Tidak semua pelanggaran lalu lintas bisa ditindak dengan e tilang bagaimana polisi tau kalo pengendara tidak punya sim atau motornya bodong kalo tidak ada razia,” kata @mbah_upi.

Sejumlah netizen sepakat dengan rencana Sigit. Menurut mereka tilang langsung dapat mengurangi penyimpangan oleh oknum dalam penegakan pelanggaran lalu lintas.

“Sistem yang memungkinkan tatap muka masih jadi ladang ketidakbenaran di lapangan,” kata @pnsmagang. 

(Inews)

Subscribe to receive free email updates: