Hari Ini Sidang Praperadilan Perdana MRS, Ini yang Akan Disampaikan Kuasa Hukum MRS

Popnesia.com - Sidang praperadilan yang diajukan oleh  Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), yang kini sudah dibubarkan pemerintah,  akan dilakukan hari ini, Senin (4/1/2021).

Dalam sidang yang akan dijaga oleh  1.610 personil gabungan TNI-Polri ini, kuasa hukum Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro, akan menyampaikan pembacaan permohonan.

"Kalau besok sederhana saja, besok  pembacaan permohonan , permohonan praperadilan. Habis itu ada pembacaan jawaban dari kepolisian, standarlah, keterangan para saksi," kata Sugito Atmo Prawiro saat dikonfirmasi, Minggu (3/1/2021).

Sugito pun menjelaskan bahwa pihaknya dalam praperadilan besok lebih kepada mempersoalkan penetapan tersangka, penangkapan, dan penahanan Habib Rizieq.

"Karena itu yang terkait Pasal 160 (KUHP) penghasutan, itu penghasutannya mana? Apakah terkait penghasutan pasal 93 UU Nomor 6 soal UU Kekarantinaan Kesehatan, Pasal 93, atau yang terkait dengan lainnya," kata Sugito.

Terkait Pasal 93 tersebut, Sugito memahami bahwa Habib Rizieq mungkin melakukan kesalahan, tetapi hal tersebut sudah ancaman maksimal 1 tahun penjara dan denda Rp100 juta.

"Jadi kami akan mengatakan terhadap penetapan tersangka Habib Rizieq dengan menggunakan Pasal 160 itu bukan alasan yuridis, tapi alasan hukum. Alasan politis bukan alasan yuridis," ujarnya. (Kompastv)

Subscribe to receive free email updates: