Tri Rismaharini Dikabarkan Dapat Tawaran Jadi Mensos, Begini Fakta di Baliknya

Popnesia.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikabarkan mendapat tawaran menjadi Menteri Sosial (Mensos) dalam Kabinet Indonesia Maju menggantikan Juliari P. Batubara yang menjadi tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19.

"Saya dapat kabar bahwa Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju," terang Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya Yusuf Lakaseng. 

Keterangan itu disampaikan pada acara tasyakuran pilkada atas kemenangan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji di Surabaya, Minggu (13/12/2020), dikutip dari Antara.

Plt. Ketua DPD PSI Surabaya itu menganggap kinerja Wali Kota Risma cukup bagus, sehingga ia makin yakin dengan kabar penunjukan Risma sebagai Mensos. Menurutnya, Risma berhasil mengubah wajah Surabaya hingga di tataran dunia.

"Di Surabaya, wali kota bisa langsung meloncat ke menteri, tanpa harus menjadi Gubernur Jawa Timur terlebih dahulu. Ini menunjukkan kalau Surabaya itu kota mendunia," ungkapnya.
Kiprah PSI Surabaya
Sementara itu, Cawali Surabaya Eri Cahyadi yang hadir dalam tasyakuran itu menyatakan rasa salutnya terhadap kinerja PSI.

"Saya yakin, Surabaya butuh pemikiran-pemikiran segar, seperti PSI, yang mayoritasnya adalah para pemuda. Saya dan Cak Armuji juga berterima kasih sebanyak-banyaknya pada PSI karena partai ini datang ke tempat saya, dan memberikan surat dukungannya, tanpa embel-embel apa pun," ujar Eri.

Cawali yang saat ini yakin menang itu mengungkapkan, kelak PSI akan dijamu sebagai tamu teristimewa di rumah dinasnya.

"Saya tetap bertempat tinggal di rumah saya sendiri, kecuali kalau menerima tamu, pakai rumah dinas (Jalan Sedap Malam No. 1) yang berhadapan dengan rumah dinas Cak Armuji nantinya," imbuhnya.

Berdasarkan hasil pilkada 9 Desember 2020, jumlah suara yang terkumpul di KPU Kota Surabaya sebanyak 83,33 persen. Pasangan Eri-Armuji unggul sementara dengan perolehan suara sebanyak 57,2 persen, sementara pasangan Machfud Arifin-Mujiaman mendapatkan suara 42,8 persen.

Anggota Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya Josiah Michel mengatakan, pihaknya siap memberi dukungan penuh kepada pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota terpilih.
"Karena ini adalah awal dari langkah untuk bekerja bagi masyarakat Surabaya," ujarnya.
(merdeka.com)

Subscribe to receive free email updates: