Jenazah Anggota FPI Dikabarkan Tersenyum, Ternyata Orangnya Masih Hidup

Popnesia.com - Insiden penembakan menewaskan enam anggota laskar khusus FPI (Front Pembela Islam) oleh polisi. Banyak yang menganggap kalau anggota FPI pengawal Habib Rizieq Shihab itu mati secara syahid.

Banyak pihak yang kemudian bersimpati pada para anggota muda FPI yang dikatakan tewas syahid. Terlebih di media sosial viral sebuah foto seorang pria memejamkan mata sambil tersenyum. Disebut, itu adalah foto anggota FPI yang mati syahid. Tapi faktanya enggak begitu, Hopers.

Foto anggota FPI yang tewas sambil tersenyum turut diunggah oleh akun Twitter @Ponirahmujahid1. Si empunya akun mengklaim unggahannya didapat dari tempat kejadian perkara (TKP).

"Jenazah Mujahid begitu Harum Wangi Semerbak, sampai dokter RS Polri Dr. Sukamto Kramatjati Bingung dan Heran. (Info di TKP)," tulis akun @Ponirahmujahid1 dikutip Rabu, 9 Desember 2020.

Di foto yang disebut jenazah itu, dilengkapi keterangan menggugah hati. “Apa yang kau lihat saudaraku, sehingga senyummu begitu indah. Jika kau memang bersalah, tidak mungkin wajahmu begitu bahagia. Kita pasti mati, dan apa yang kita kerjakan akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah.” 

Tapi foto itu ternyata palsu. Akun Twitter @narkosun mengungkap kebohongan itu dengan menampilkan video klarifikasi dari pria yang disebut meninggal dalam keadaan tersenyum itu. Si pria menjelaskan dalam bahasa daerah, "Itu gambar kemarin, itu pas waktu acara habib datang itu, terus dikirim ke pembela ulama habib," kata si pria.

Dalam unggahannya, akun @narkosun menyebut foto tersebut hoax. "HOAX LAGI….HOAX LAGI. Viral, katanya syuhada FPI meninggal dengan wajah tersenyum. Judul beritanya bombastis: "Masya Allah Bikin Begidik! Jenazah Pasukan Habib Rizieq Tersenyum Indah saat Meninggal." 
Tapi kok ternyata, si pria hanya dijadikan model foto. Sebab orang yang bersangkutan masih hidup dan dijadikan bahan hoax. "Ternyata orangnya masih hidup. Kapan tobat mereka bikin hoax?" katanya lagi.

Senada dengan itu, pegiat media sosial, Denny Siregar juga memberikan komentar satire. Dia turut mengunggah video klarifikasi pria anggota FPI yang disebut mati syahid. Dalam keterangannya, dia mencuit, “Udah ditangis2in, dibilang bau wangi, doa berjibun.. eh, yang dibilang syahid hidup lagi.. Drun kadrun, gada lu ga rame emang,” tulis Denny Siregar melalui Twitter pribadinya, 9 Desember 2020. 

(suara.com)

Subscribe to receive free email updates: