Jawaban Jokowi Ditanya soal Pembunuhan di Sigi dan Tewasnya Laskar FPI, Apa Katanya?

Pernyataan Presiden Jokowi terkait penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh KPK.


Presiden Joko Widodo menanggapi isu terkini, dari empat orang tewasnya masyarakat Sigi hingga kasus penembakan anggota FPI  Jokowi mengingatkan aparat penegak hukum untuk tetap mengikuti aturan hukum dan melindungi HAM.

"Tapi aparat penegak hukum juga wajib mengikuti aturan hukum dalam menjalankan tugasnya. Melindungi HAM dan menggunakan kewenangan, menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur," kata Jokowi dalam video yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/12/2020).

Jokowi menegaskan Indonesia adalah negara hukum. Dia meminta semua pihak mematuhi hukum demi kepentingan bangsa dan negara.

"Jadi, sudah merupakan kewajiban aparat penegak hukum untuk menegakkan hukum secara tegas dan adil," ujar Jokowi.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan aparat dilindungi hukum dalam menjalankan tugasnya. Dia meminta tak ada warga yang semena-mena.

"Dan ingat, aparat hukum itu dilindungi oleh hukum dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, tidak boleh ada warga dari masyarakat yang semena-mena melanggar hukum yang merugikan masyarakat, apalagi membahayakan bangsa dan negara. Dan aparat hukum tidak boleh mundur sedikit pun," ujar dia.

(DETIK NEWS)

Subscribe to receive free email updates: