Hendropriyono Sebut MRS dan Pengikutnya Telah Mengingkari Pancasila, Begini Alasannya

Popnesia.com - Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropriyono menyebut, apa yang dilakukan oleh Rizieq Shihab beserta pengikutnya telah mengingkari Pancasila.
Hal itu disampaikannta saat dirinya mengikuti berbagai pidato Rizieq Shihab, dan para pengikutnya yang arahnya mengingkari Pancasila.

"Ini karena saya ikuti dari berbagai pidatonya yang bersangkutan sendiri, pengikut-pengikutnya, arahnya sudah ingin mengingkari Pancasila," katanya dalam kanal Youtube Karni Ilyas Club, yang dilihat Tribunnews, Sabtu (26/12/2020).

Hendropriyono menilai, apa yang dilakukan Rizieq Shihab beserta pengikutnya, bertujuan untuk mengubah Indonesia menjadi syariah, meski arahnya belum jelas.

Selain itu, negara khilafah yang dicita-citakan tidak juga berdasarkan pada contoh-contoh di masa lalu.

"Jadi ingin merubah menjadi syariah tapi menurut versi yang bersangkutan itu kan enggak jelas karena enggak ada contohnya," ucapnya.
"Negara dicita-citakan negara khilafah begini, kan ada contoh dulu tapi dulu juga enggak sama dengan yang dirumuskan mereka. Panjang dah ceritanya, kalau mau merumuskan secara akademik saya juga bisa ngomong kapan-kapan harus panjang," imbuhnya.

Namun, Hendropriyono menekankan agar tetap berpegang teguh saja kepada Pancasila.

Karena menurutnya, yang terpenting adalah agar rakyat selamat dan sejahtera.
"Jangan balik mundur terus lah, ya udah, kita yang konsisten saja Pancasila. Rakyat aman, rakyat selamat, dan sejahtera," ujar Hendropriyono.

Begitu pula dengan radikalisme, Hendropriyono menilai tumbuh suburnya radikalisme karena masyarakat yang mabuk agama.

"Jadi kalau HRS masih saja berkobar-kobar mengibarkan radikalisme, radikal di sini konotasinya yang menyukai kekerasan, anarkisme, dan ini juga akan subur kalau tanahnya subur. Tanah yang subur untuk akar radikalisme adalah masyarakat yang mabuk agama," katanya.

"Kita harus beragama sesuai Pancasila, kita harus beriman, tapi jangan mabuk. Karena kalau mabuk, akibatnya tidak disiplin," pungkasnya.
(Tribunnews)

Subscribe to receive free email updates: