FPI Ungkap 3 Tersangka Selain HRS Diperiksa Polda Metro Semalam-Sekarang

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono/Antara-HO - Polri


Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar mengatakan tiga tersangka lain di kasus kerumunan Petamburan, Jakarta Pusat, selain  (HRS), sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Pemeriksaan dilakukan sejak tadi malam sampai sekarang.

"Sudah (di Polda) dari tadi malam diperiksa sampai sekarang," lanjutnya.

Aziz mengatakan tiga tersangka yang dimaksud yakni Haris Ubaidillah selaku ketua panitia, Ali bin Alwi Alatas selaku sekretaris panitia, dan Habib Idrus selaku kepala seksi acara. Ketiganya datang ke Polda pukul 23.00 WIB.

Dia membantah ketiga tersangka ini menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya. Aziz mengatakan ketiga tersangka ini memenuhi panggilan kepolisian.

"Bukan menyerahkan diri. Tapi memenuhi panggilan polisi dengan jadwal yang disesuaikan dengan waktu mereka. Kalau menyerahkan diri itu DPO (daftar pencarian orang), ini kan tidak," ucap dia.

Sementara itu, lanjut Aziz, Ketua Umum FPI Sobri Lubis dan Panglima LPI Maman Suryadi belum datang ke Polda Metro Jaya.

"Yang dua (Sobri Lubis dan Maman Suryadi) saya belum tahu," ujar dia.

Sebelumnya, Habib Rizieq datang ke Polda Metro Jaya dan menjalani pemeriksaan. Dalam kasus ini, kelima tersangka itu adalah Haris Ubaidillah, Ali bin Alwi Alatas , Maman Suryadi Panglima FPI, sekaligus penanggung jawab keamanan acara, Sobri Lubis selaku penanggung jawab acara, dan Habib Idrus.

"Untuk yang lima orang cuma dua opsi, datang menyerahkan diri atau ditangkap," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (12/12).

Setelah menjalani pemeriksaan selama kurang-lebih 12 jam, Habib Rizieq ditahan Polda Metro Jaya. Polisi mengatakan langsung menahan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) itu. Habib Rizieq akan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan.

(DetikNews)


Subscribe to receive free email updates: