Anies Baswedan Positif Covid19 Minta Kontak Langsung untuk Tes Usap

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

Ia sebelumnya menjalani tes pada Senin (30/11/2020) siang, sebagai tindak lanjut dari acara milik Habib Rizieq Shihab yang didatanginya.

Anies dites usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Setelah terkonfirmasi positif, Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta pihak yang pernah bertemu dengannya untuk menjalani tes.

"Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap," kata Anies melalui keterangan video yang dikirimkan kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Dia mengatakan, tim pelacakan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga akan mendata dan mencatat semua kontak erat.

Selain itu, seluruh prosedur penanganan juga akan dilakukan

Anies menjelaskan, dia mendapat kabar bahwa dirinya terpapar Covid-19 setelah melakukan swab test PCR pada Senin (30/11/2020).

Tetapi hasilnya diketahui positif pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

“Hasil tes PCR menyatakan bahwa saya positif Covid-19. Saya memilih untuk mengumumkan pada kesempatan pertama, pagi hari ini,” jelas Anies.

Setelah mengetahui hasil tes positif, Anies langsung mengumumkan kepada masyarakat.

Sebagaimana kita selalu melakukannya sejak penanganan covid, sejak bulan Maret yang lalu kita selalu sampaikan apa adanya, transparan, tidak ditambah tidak dikurangi dan diberikan secara lengkap.

Menyangkut kebijakan, kita terbuka, kita transparan, termasuk juga ketika menyangkut situasi yang saya hadapi pada hari ini,” jelas Gubernur DKI Jakarta itu.

Meski terpapar Covid-19, Anies mengatakan, dirinya saat ini dalam kondisi baik-baik saja dan tidak memiliki gejala.

Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala," ucap dia.

Anies mengatakan, setelah mendapat hasil tes Covid-19, dia memilih langsung mengumumkan hal tersebut dan meminta setiap orang yang pernah berinteraksi dengannya untuk melakukan swab test.

"Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap.

Dan tim tracing dari dinkes juga akan mendata, akan dicatat semua, dihubungi semua kontak erat, dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan," tutur Anies.

Anies juga kembali mengingatkan agar semua warga Jakarta untuk menerapkan protokol kesehatan karena Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat.

"Saya ingatkan lagi kepada semua bahwa Covid ini masih ada dan bisa menghampiri siapa saja," kata Anies.

Dia meminta agar masyarakat disiplin menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, dan menjaga jarak.

"Ikhtiar itu harus dilakukan untuk kita sama-sama menjaga dari risiko penularan. Semoga Allah SWT merahmati Kota Jakarta dan melindungi kita semua," kata Anies.

(Sumber tribunnews)

Subscribe to receive free email updates: