Viral!! Video Kasir Minimarket Enggan Berikan Struk, Ternyata Menipu Pelanggan. Begini Modusnya

Popnesia.com - Cerita seorang perempuan yang baru berbelanja di sebuah minimarket mendadak jadi sorotan publik. Pasalnya, kasir yang melayaninya disebut menipu setelah sebelumnya enggan memberikan struk.

Sebelumnya diketahui, ketika belanja di minimarket kerap kali terlihat tulisan wajib memberikan struk belanja. Bukan tanpa sebab, diberikannya struk berguna untuk menghindari pelanggan dari penipuan oleh oknum kasir.
Pengalaman tersebut dibagikan akun @makassar_iinfo di Instagram, pada Jumat (30/10/2020). Dalam beberapa video yang diunggah, tampak seorang perempuan tengah memegang barang yang baru saja ia beli di minimarket beserta uang kembalian.

Ia kemudian menceritakan kronologi penipuan yang baru ia alami saat membayar di kasir minimarket tersebut, mulai dari ingin membeli masker dan control film, membayar dengan kartu debit, hingga total harga yang disebutkan sang kasir.

"Jadi tadi gue beli masker dua sama control film pakai debit di minimarket. Nah, dia (kasir) bilang itu totalnya 64.300," ungkap perempuan yang tengah berada di mobil tersebut.

Pembayaran lantas dilakukan dengan menggunakan kartu debit. Namun, kejanggalan terjadi ketika perempuan tersebut meminta struknya. Oknum kasir minimarket itu mengaku mesinnya mengalami kesulitan hingga tak bisa mengeluarkan kertas bukti pembayaran.

“'Kenapa gak keluar?' katanya 'gak bisa kak, susah. Mau nunggu gak apa-apa?' 'Yaudah gapapa saya tunggu,’” lanjut perempuan tersebut.

Seketika dimintai mencetak struk oleh pelanggan, tiba-tiba saja sang penjaga kasir panik. Semakin merasa aneh pelanggan perempuan tersebut ketika kasir memberi kembalian, padahal pembayaran dilakukan dengan kartu debit.

Dilandasi keheranan, perempuan tersebut bertanya sebab sang kasir memberikannya kembalian Rp8 ribu. Tiba-tiba saja oknum kasir itu mengaku menitip belanja kepada pelanggan tersebut. Seketika perempuan itu sadar dirinya hampir tertipu.

“Ternyata, dia itu bilang gini 'Kak, ini tadi saya nitip ya, 8 ribu, donat. Ternyata dia itu mau bohongin gue, tapi karena gue minta struknya, jadi dia panik dan balikin duit gue yang sudah ditotalin,” ujarnya.

Disebutkan oleh pelanggan perempuan tersebut, lokasi kejadian yakni di sebuah minimarket daerah Jakarta Timur. Unggahan tersebut pun viral, disukai oleh lebih dari 60 ribu orang dan ditonton hingga ratusan ribu kali. Beragam komentar oleh warganet, kebanyakan geram.

“Itulah kenapa gua males ke minimarket. Selain kudu bayar parkir, harga etalase suka beda sama di kasir. Karyawannya juga suka aneh. Mendingan jajan ke warung tetangga gua dah, bantu usaha kecil,” kata akun @haiyogs.

Sementara itu, banyak pula warganet yang menceritakan pengalaman serupa. Beberapa menyebut modus yang digunakan pun sama, yakni struk habis, padahal menipu dengan menitip belanja.

“Aku juga pernah di minimarket, pas minta struk katanya kertasnya habis. Yaudah percaya aja, tapi heran sampai di rumah kok bisa mahal, padahal belanja dikit. Terus balik lagi dan minta struk, akhirnya dia panik dan tulis di kertas, ketahuan lebih sekitar 30 ribuan duit saya,” kata akun @gallery.kosmetik89. (Kumparan)

INFO (@makassar_iinfo) pada

Subscribe to receive free email updates: