MRS Kabur Sabtu Malam, Diduga Kesal, Dirut RS Ummi Angkat Suara

Popnesia.com - JAKARTA - Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat angkat bicara perihal adanya informasi Habib Rizieq Shihab kabur usai sempat dirawat pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Menurut Andi, pihak keluarga Habib Rizieq sempat mengirimkan surat permintaan ke RS untuk pulang. Namun, pihak RS sempat mencegah pentolan FPI itu untuk tidak pulang dulu karena hasil pemeriksaan belum ke luar.

"Pasien dan keluarga pada Sabtu malam (28/11/2020) menginformasikan ke pihak rumah sakit untuk meminta pulang atas permintaan sendiri. Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," kata Andi dalam keterangannya, Minggu (29/11/2020).

Ia menerangkan pihak rumah sakit juga sempat menyatakan tidak akan bertanggung jawab jika Habib Rizieq tetap memaksakan pulang.

Dia juga menyertakan dokumen tertulis yang menyatakan pasien bertanggung jawab atas kemauannya sendiri.

"RS Ummi tidak bertanggungjawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Oleh karenanya, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga," ungkapnya.
Atas dasar itu, ia mengatakan kejadian tersebut bukan atas permintaan RS. Namun, kasus itu sepenuhnya permintaan dari Habib Rizieq.

"Istilah di rumah sakit kejadian tersebut merupakan pulang atas permintaan sendiri, bukan RS yang memulangkan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Front Pembela Islam (FPI) membantah kabar bahwa Habib Rizieq Shihab kabur usai sempat dirawat di rumah sakit UMMI, Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Azis Yanuar menyebutkan kabar Habib Rizieq kabur dari RS UMMI tidak benar. Alumnus universitas di Malaysia itu keluar dari RS karena memang telah kembali sehat.
"Tidak benar (kabur dari RS). Beliau pulang karena sudah sehat," kata Azis saat dikonfirmasi, Minggu (29/11/2020).

Azis juga menjawab kabar yang menyebutkan Habib Rizieq tidak kooperatif karena tidak memberitahukan hasil swab test usai keluar dari RS UMMI.

Menurutnya, hasil swab test merupakan privasi pasien. Itulah kenapa, saat Habib Rizieq keluar dari rumah sakit tidak memberikan informasi terkait swab test Covid-19.

"Hasil swab itu privasi beliau. Sekarang alhamdulillah sehat," ujar dia.
Hingga saat ini, FPI menyebutkan Habib Rizieq telah kembali di rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat. (Tribunnews)

Subscribe to receive free email updates: