Mobil Polisi Digulingkan dan Dirusak Massa Pelajar STM di Bendungan Hilir


Popnesia.com - Sebuah mobil aparat kepolisian dirusak massa di Jalan Pejompongan Raya, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2020) sore. Kendaraan roda empat pengangkut tahanan milik Porles Metro Jakarta Pusat itu diduga dirusak oleh massa dari kelompok pelajar STM atau sekolah teknik mesin.

Kericuhan itu terjadi lantaran massa aksi yang hendak menuju gedung DPR untuk melakukan aksi demonstrasi menolak Undang-undang Cipta Kerja dihadang oleh aparat kepolisian.

"Ini kan ada beberapa massa aksi yang rusuh kemudian melempari petugas dan sudah kita amankan. Ketika kendaraan pengangkut tahanan masih menuju ke lokasi kemudian dihadang oleh massa perusuh dan kemudian mereka melakukan tindakan anarki merusak kendaraan dinas milik Polres Jakpus," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo di lokasi.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Menurut Sambodo, massa yang merusak mobil tersebut dipukul mundur ke arah TPU Karet Bivak oleh aparat kepolisian.

"Ya tadi langsung kita pukul mundur sekarang mereka masih berkumpul di Karet sama ke arah Polsek Tanah Abang. Kemudian bisa kita atasi," tuturnya.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi, sekitar pukul 16.40 WIB mobil pengangkut tahanan itu sudah dalam keadaan terguling dan kaca-kacanya pecah. Awalnya sejumlah massa yang diduga pelajar itu berkumpul di depan gedung Bank BNI kawasan Pejompongan.

Kemudian mereka yang berkumpul itu dibubarkan oleh aparat kepolisian. Akhirnya para massa mundur dari Jalan Penjompongan Raya mengarah ke Karet Bivak.

Kemudian ketika mobil aparat kepolisian menghampiri, tiba-tiba massa menyerang dengan melempari batu.

"Polisi lewat dengan mobilnya kemudian dilempari dengan batu. Ada dua orang polisi turun dari mobil lari," kata seorang warga bernama Susi yang melihat kejadian di lokasi, Rabu (7/10).

Kemudian massa pelajar itu memecahkan kaca mobil yang ditinggal oleh polisi. Mobil tersebut digulingkan dan nyaris dibakar.

"Mobil sampai digulingkan, hampir dibakar," tuturnya.

Lebih lanjut, personel aparat kepolisian dan TNI dari Gedung DPR RI sebagian datang ke lokasi. Massa kemudian mundur ke arah TPU Karet Bivak.suara.com

Subscribe to receive free email updates: