Libur Cuti Bersama, Puluhan Wisatawan di Taman Impian Jaya Ancol Disanksi Sosial Tak Pakai Masker

Popnesia.com - Puluhan wisatawan yang berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dikenakan sanksi sosial lantaran melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Mereka diberi sanksi karena tak memakai masker saat beraktivitas di tempat wisata tersebut di tengah libur panjang cuti bersama.

Dari data yang ada, sebanyak 22 orang dikenakan sanksi sosial pada Rabu (28/10/2020) lalu, sedangkan lima orang lainnya dikenakan sanksi serupa pada Kamis (29/10/2020).

"Dari sekian banyak pelanggar, rata rata maskernya sengaja disimpan di kantong," kata Department Head of Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari, Jumat (30/10/2020).

27 wisatawan yang melanggar protokol kesehatan tersebut kemudian diberi sanksi membersihkan kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Menurut Rika, sanksi yang diberikan ini untuk mengingatkan para wisatawan agar tetap patuh protokol kesehatan selama menikmati liburan.

"Ini sebagai pengingat untuk semua, meskipun situasi sedang libur, tapi jangan sampai lengah dengan aturan protokol kesehatan yang ada saat ini," ucap Rika.

Terpisah, Kasatpol PP Jakarta Utara Yusuf Madjid menjelaskan, pihaknya menempatkan 180 personel selama libur panjang di tiga lokasi berbeda.

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu lokasi yang difokuskan untuk pengerahan petugas Satpol PP.

"Pertama Ancol sebagai kawasan wisata, lalu kawasan Pantai Maju Bersama dan Danau Sunter sebagai lokasi aktifitas favorit warga," kata Yusuf.
Menurut Yusuf, ratusan personel tersebut dibagi ke tiga lokasi dengan sistem kerja dua shift setiap harinya.

"Mereka mengawasi masyarakat agar memakai masker, tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak. Kita akan terus awasi agar kawasan wisata dan pusat aktifitas tidak jadi epicentrum pandemi," jelas Yusuf. (Tribunnews)

Subscribe to receive free email updates: