Kasus Foto Tidak Memakai Baju 2 Pendaki Gunung Gede Pangrango, Ternyata Dilakukan di Tempat Sakral

Popnesia.com -Publik tengah dibuat geram oleh ulah dua orang pendaki yang berpose tidak pakai baju di kawasan alun-alun Suryakancana Taman Nasional Gunung Gede Pangrang (TNGGP) Jawa Barat.

Terlebih, perbuatan tak senonohnya itu difoto dan diunggah ke media sosial dan kini tengah viral.
Kepala Balai Besar TNGGP Wahju Rudianto angkat suara, dan menuntut kedua orang yang ada di dalam foto tersebut meminta maaf.

"Sebaiknya meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Jawa Barat di media sosial bersangkutan," kata Wahju seperti dikutip dari rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Pasalnya, ditegaskan Wahju, alun-alun Suryakancana dianggap sakral bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Cianjur.

"Apa yang diperbuatnya juga bertentangan dengan norma agama dan sosial, serta melanggar SOP pendakian yang melarang perbuatan tidak sopan, perbuatan yang meresahkan, perbuatan tidak menyenangkan, asusila dan perbuatan sejenis lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, pegiat lingkungan dan pendaki asal Cianjur Taufik Ismail (37) mengaku tak habis pikir dengan apa yang dilakukan kedua pria di foto tersebut.

“Sangat tidak beretika, tidak bermoral. Bukan jiwa seorang pendaki apalagi pencinta alam,” kata Opik kepada Kompas.com via telepon seluler, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, seorang pendaki harus punya tata krama termasuk menghormati tempat-tempat yang dikunjungi, apalagi tempat itu punya nilai histori bagi suatu daerah.

“Kita wajib menghormati tempat yang kita kunjungi, dimanapun itu berada, apalagi ini di gunung. Namun, ini malah melakukan hal yang sangat sangat tidak pantas,” ujar dia.
 
Opik yang pernah melakukan ekspedisi di sejumlah gunung di Pulau Jawa itu menilai, saatnya pendaki sadar akan hakekat mendaki gunung.

“Bukan sekedar mampu muncak lantas cekrek-cekrek buat eksistensi apalagi cari sensasi. Namun, mendaki gunung itu bentuk kita mencintai alam, mentadabburi alam, dan tentunya untuk turut menjaga kelestariannya. Makanya juga, kalau ada pendaki buang sampah sembarangan di gunung, itu juga sama kebangetannya,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, jagat maya dihebohkan dengan unggahan foto dua orang pendaki yang berpose bugil di alun-alun Suryakancana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat.

Tak ayal, ulah kedua pria dewasa yang tidak diketahui identitasnya itu menuai reaksi warganet.
Publik mengecam perbuatan keduanya yang dinilai sangat tidak pantas dan norak.
Akan tetapi, penelurusan Kompas.com di lini masa Instagram dan Twitter, beberapa akun yang sempat mengunggah foto tersebut memutuskan untuk take down atau menghapusnya.
(Kompas.com)

Subscribe to receive free email updates: