Ga Ada Akhlak, Ada Nenek Minta Tolong Kesakitan Pemuda Ini Malah TikTok-an

 

 Beredar video sekelompok anak muda menemukan nenek-nenek yang tergeletak di pinggir jalan. Tidak langsung menolong, pemuda tersebut justru merekamnya dalam aplikasi TikTok.

Akun Twitter @jawafess membagikan video TikTok milik seorang pemuda beranama @kresnabaye. Dalam video tersebut terlihat sekelompok anak muda tengah berjalan kaki di jalanan pada malam hari.

Sambil berjalan, pemilik video menyampaikan bahwa ia menemukan seorang nenek-nenek yang terkapar di pinggir jalan. Mulanya, ia mengatakan tidak mengenal sosok nenek yang jatuh di pinggir jalan tersebut.

Setelah berjalan beberapa langkah, kamera diarahkan ke arah jalanan yang gelap. Terlihat seorang nenek tergeletak di tepi jalan raya. Wanita paruh baya tersebut tergeletak dengan posisi telungkup.

Ketika dihampiri, para pemuda tersebut sempat memanggil-manggil dengan sebutan mbah. Mulanya nenek itu mengangkat kepalanya sambil mengeluarkan suara seolah kesakitan. Terdengar juga suara nenek itu lirih meminta tolong.

Salah seorang pemuda menyampaikan, bahwa kemungkinan nenek tersebut baru saja dipukuli. Tidak secara sigap memberikan pertolongan, mereka berteriak memanggil warga lainnya dan mengabarkan nenek tersebut habis dipukuli.

Dengan kondisi tubuh yang masih terus tengkurap di jalan, dengan hanya kepala yang bisa diangkat, nenek itu lirih meminta pertolongan. Sementara pemuda itu sambil merekam terus menanyakan apa yang terjadi tanpa memberikan pertolongan.

Salah satu pemuda dengan topi hitam justru melihat ke kamera dan menjelaskan bahwa ia menemukan seorang nenek yang baru saja dipukuli dan terus berteriak minta tolong. Sedangkan nenek tersebut masih tergeletak dan terus meminta pertolongan.

"Mbok yo ditolong ojo malah divideoke ndisek Lur (Baiknya ditolong jangan malah divideokan dulu lur-red)," tulis akun @jawafess dalam keterangannya Kamis (3/9/2020).

Sejak diunggah, video tersebut sudah ditayangkan lebih dari 64 ribu kali. Ada seribu lebih komentar yang diberikan warganet dan dua ribu lebih menekan tanda suka. Sedangkan 400 lainnya membagikan ulang.

Mulanya nenek itu mengangkat kepalanya sambil mengeluarkan suara seolah kesakitan. Terdengar juga suara nenek itu lirih meminta tolong.

Seorang pemuda merekam nenek-nenek yang jatuh di pinggir jalan. - (Twittter/@jawafess)

Dari dalam kolom komentar ditemukan video lainnya milik akun TikTok yang sama. Dalam video itu dijelaskan, bahwa nenek tersebut merupakan tetangganya. Dimana ia dan rekan-rekannya mulanya tidak menyadari siapa sosok yang tergeletak minta tolong itu.

Terdengar tertawa-tawa dalam video yang ia unggah sendiri, @krenabaye mengatakan jika awalnya ia sempat mengira nenek itu merupakan orang dengan gangguan kejiwaan. Sebab, ia merasa aneh karena jalanan itu gelap sekali namun ada seorang nenek tergeletak di dekat kuburan.

Dari ribuan komentar yang ditinggalkan warganet, tidak sedikit yang merasa sikap para pemuda itu tidak beretika. Bahkan beberapa juga curiga jika para pemuda tersebutlah yang melakukan aksi pemukulan.

"Terkadang kalau korban udah jatuh telungkup aku juga akan bingung, takut salah penanganan malah korban cedera.

Ya bener sih masnya tanya, mungkin maksudnya tanya bagian tubuh mana yang sakit. Semoga bagian bantuan medis setelah video benar ada (namun tidak divideokan)," tulis akun @roe_endog.

"Baru aja tadi lewat fyp aku. curiga malah mereka pelakunya. Mbahnya nggak jawab kalau habis dipukilin. Tau darimana kalau mbahnya habis dipukulin. Nggak bisa positif thinking pokonya," komentar akun @ayukniih.

Sementara akun @ririnnrputri berkomentar, "Jin itu makhluk, setan itu sifat. Jadi bener aja ya kalau ada yang bilang manusia setan. Astaghfirullah."suara.com

Subscribe to receive free email updates: