PAN Main Keras, Dukung Calon PDIP, Coret Nama Anak Amien Rais dari Pilkada Sleman

 

Popnesia.com - Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi memberikan dukungan untuk pasangan calon bupati Kustini Sri Purnomo (KSP) dan Danang Maharsa pada Pilkada Sleman. Mumtaz Rais, anak Amien Rais terdepak dari Pilkada Sleman.

Sekretaris DPD PAN Sleman Arif Kurniawan mengatakan pihaknya baru menerima Surat Keputusan DPP PAN terkait persetujuan calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada Sleman.

"Kami tadi (kemarin) menerima salinan Surat Keputusan dari DPP PAN untuk mendukung pasangan calon KSP dan Danang Maharsa pada Pilkada mendatang," katanya saar jumpa pers dengan awak media, Senin (10/8/2020).

Menariknya, jumpa pers tersebut digelar tanpa kehadiran Ketua DPD PAN Sleman Sadar Narimo. Pertemuan hanya dihadiri oleh sejumlah pengurus DPD PAN Sleman seperti Wakil Ketua hingga Wakil Sekretaris partai.

Menurut Arif seperti dikutip harianjogja, salinan surat keputusan DPP PAN tersebut asli dan akan menjadi pedoman bagi kader untuk turut memenangkan pasangan calon tersebut. Setelah ini, DPD PAN Sleman akan menggelar konsolidasi di internal partai.

"Keluarnya SK ini menjadi bahan kami untuk konsolidasi. Kami siapkan langkah-langkah selanjutnya dan seluruh elemen di partai akan bersatu padu dalam satu barisan untuk memenangkan pasangan calon," katanya.

Arif mengakui jika sebelum ini ada beberapa kader dan pengurus partai yang berbeda pendapat dengan keputusan DPP PAN. Hanya saja, masalah tersebut akan diselesaikan secara internal. Arif merujuk pada tidak setujunya Tim Pilkada DPD PAN Sleman atas keputusan DPP PAN tersebut.

"Tentunya ada perbedaan pendapat itu wajar, bagian dari dinamika politik. Tetapi SK (dukungan) ini sudah diterima akan kami komunikasikan dengan internal. Insyaallah PAN solid," katanya.

Menurut Arif, SK tersebut merupakan perintah dari DPP PAN sehingga harus dipatuhi oleh seluruh kader. DPD PAN Sleman akan berupaya agar seluruh kader tetap tegak lurus, tidak membelot mendukung pasangan lainnya.

"Sebelum DPP menerbitkan SK ini tentu ada pertimbangan sendiri. Punya itung-itungan sendiri. Kami hanya melaksanakan dan mengamankan SK ini," jelasnya.

Dijelaskan Arif, hasil penjaringan Tim Pilkada DPD PAN Sleman sudah disampaikan ke DPP PAN. Dua nama saat itu disodorkan yakni Ketua DPD PAN Sleman Sadar Narimo dan Pengurus DPP PAN Mumtaz Rais atau anak politikus senior Amien Rais. Hanya saja, katanya, DPP tentu memiliki pertimbangan lain sehingga memutuskan untuk mengusung pasangan KSP-Danang.

"KSP masih tercatat sebagai kader PAN. Ketika kader PAN diterima partai lain, ini menjadi kelebihan kader kami. Ini menjadi cacatan penting bagi kami," katanya.

Meskipun sampai saat ini pasangan KSP-Danang Maharsa baru didukung PDI Perjuangan dan PAN, kata Arif, tidak menutup kemungkinan ada partai lain yang bergabung. PAN juga akan mengomunikasikan hal tersebut dengan partai lain.

"PDIP terbuka, artinya partai lain masih sangat terbuka bergabung. Kami masih berharap partai lain ikut mendukung," katanya.bizlaw


Subscribe to receive free email updates: