Heboh Klaim Hadi Pranoto, Ucapan Ariel NOAH ke Anji Viral

Image
Popnesia.com - Penyanyi Ariel NOAH terseret dalam kehebohan Anji bersama Hadi Pranoto, lelaki yang mengaku pakar mikrobiologi, karena membahas obat Covid-19.

Jauh sebelum kehebohan ini terjadi, Ariel sempat diundang Anji di channel Youtube miliknya. Kepada Anji, Ariel menolak berbicara tentang sesuatu di luar kemampuannya karena bisa menuai berbagai risiko. Ariel sadar dirinya figur publik yang dikenal banyak orang.


"Ilmu gue nggak sebanyak itu untuk ngomong di publik. Karena buat bicara masalah pelik, bukan cuma risiko tapi dampaknya banyak," kata Ariel di vlog Anji yang diunggah 30 Juni 2020.

"Jadi kalau nggak terlalu menguasai, gue mencegah untuk membicarakannya," tegas pelantun Mungkin Nanti ini.

Alasan lain mengapa Ariel enggan bicara hal-hal di luar kemampuannya karena pertimbangan narasumber yang diajak diskusi.

"Apakah gue ngomong sama orang yang tepat atau nggak," katanya.


"Katakanlah kita ngomong satu hal, A gitu. Kita udah baca 5 buku misalnya. terus kita ngomong sama orang yang nggak tahu apa-apa soal itu, nanti jadi asumsi. Buang-buang tenaga, terlalu banyak yang aneh, jadi males gue ngomong," ujar Ariel lagi.

Sementara itu, Anji yang mendengar penjelasan Ariel mengangguk sambal berkata, "Oke."

Obrolan Anji dengan Ariel itu diungkit warganet sehingga viral di media sosial, khususnya Twitter. Anji diminta belajar dari Ariel.

"Andai Anji mau belajar dari prinsip yang dipegang Ariel," kicau akun @tsuroiya.

"Seorang Ariel yang udah papan atas aja, mengaku kalo mau speak up itu harus ada ilmunya, nggak asal berasumsi," imbuh akun @niasoegi.


Dianggap ceroboh

Anji dianggap ceroboh karena menghadirkan Hadi Pranoto yang dinilai tak jelas keilmuannya untuk membahas Covid-19. Apalagi, Hadi dalam wawancara dengan Anji mengaku telah menemukan herbal antibodi Covid-19 yang diklaim bisa menyembuhkan dan mencegah seseorang terpapar Covid-19.

Salah satu kritik datang dari Ferdiriva Hamzah, dokter spesialis mata. Dia minta agar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bertindak tegas dengan melaporkan Anji dan Hadi ke polisi karena dianggap telah memberikan informasi yang menyesatkan.

"Seret ke jalur hukum," cuit Ferdiriva Hamzah pada Minggu (3/7/2020).

Cuitan Ferdiriva Hamzah untuk mengomentari pemberitaan mengenai IDI yang mengecam klaim Hadi Paranoto.

Tompi juga ikut mengomentari video Anji dan Hadi. Dokter yang juga seorang penyanyi ini menyoal tata cara ilmiah terkait penemuan obat covid-19 yang diklaim.

"Lagi heboh banget ama berita @duniamanji wawancara profesor penemu obat covid, bukan nggak mungin loh, bisa aja benar," cuit Tompi.

"Tetapi begini Anji, sebuah penemuan apalagi medis ya harus dipresentasikan dengan tata cara ilmiah, supaya teruji terukur dan bisa diulang," sambungnya.

Sementara, Ketua Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19 dari IDI Prof Dr Zubairi Djoerban mengatakan untuk mempertegas klaim obat tersebut, penemuan perlu ditulis pada jurnal kedokteran.

"Tidak peduli siapa pun yang bicara, mau dokter, profesor, dokter hewan, atau pun dukun, kalau mau mengklaim suatu apakah herbal atau jamu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit apa pun, baru bisa dipercaya setelah melewati berbagai tahapan," katanya kepada Suara.com.



Subscribe to receive free email updates: