Gubernur Anies Izinkan Warga Olahraga di Luar Rumah Tanpa Pakai Masker

 tribunnews

 Popnesia.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan warga yang tengah berolahraga di luar ruangan tak mengenakan masker.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya dan Pengendalian Covid-19.

Dalam Pasal 6 Pergub 79/2020 Anies menyebut, pengecualian diberlakukan agar masyarakat bisa berolahraga demi kesehatan.

"Setiap orang yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi di luar ruangan guna menghindari gangguan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), dikecualikan dari kewajiban menggunakan masker ketika berada di luar rumah," tulis Anies dalam aturan itu dikutip TribunJakarta.com, Jumat (21/8/2020).

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus mengatakan, jenis olahraga yang dikecualikan ini merupakan seluruh kegiatan olahraga yang menggunakan fasilitas outdoor.

"Olahraga luar ruangan yang dimaksud adalah olahraga yang menggunakan fasilutas outdoor," ujarnya.

Selain berolahraga, Anies meminta seluruh warganya mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sanksi sosial atau denda administratif pun bakal dikenakan bagi setiap warga yang masih nekat beraktivitas di luar rumah tanpa mengenakan masker.

Bagi warga yang baru pertama melanggar aturan masker ini bakal dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum selama 60 menit atau denda Rp 250 ribu.

Kemudian, pelanggaran berulang satu kali bakal dikebakan sanksi kerja sosial selama 120 menit atau denda Rp 500 ribu.

Selanjutnya, pelanggaran berulang dua kali dan seterusnya bakal disanksi membersihkan fasilitas umum selama 180 menit atau denda Rp 750 ribu.

Terakhir, pelanggaran berulang tiga kali dan seterusnya bakal dikenakan denda Rp 1 juta atau sanksi membersihkan fasilitas umum selama 240 menit.tribunjakarta

Subscribe to receive free email updates: