Satu Keluarga di Cirebon Positif Corona Sepulang dari Jakarta

Petugas kesehatan mengambil sampel lendir saat tes swab di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/6/2020). Pemkot Padang membuka tes swab gratis hingga lima hari ke depan dan menargetkan sebanyak 2.000 pedagang dan warga dilakukan tes swab menjelang penerapan tatanan normal baru. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Popnesia.com - Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nasrudin Azis mengatakan terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, berasal dari satu keluarga yang terinfeksi setelah bepergian ke Jakarta.

"Kurang disiplin dan bepergian keluar menjadi penyebab utama penambahan kasus Covid-19 di Kota Cirebon," kata Azis di Cirebon, Jumat (1/7).

Azis mengatakan keluarga yang terkonfirmasi Covid-19 itu baru saja melakukan perjalanan ke Jakarta, diduga ini penyebab mereka terpapar virus corona.

Satu keluarga yang terpapar berjumlah tujuh orang dan menjadi perhatian Pemkot Cirebon.

"Kami memohon kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bersama karena pandemi COVID-19 belum berakhir," ujarnya.

Azis menuturkan Pemerintah Kota Cirebon tidak sungkan melakukan tindakan tegas demi melindungi masyarakat terkait pencegahan penularan Covid-19.

Untuk itu pihaknya akan melaksanakan razia masker dalam rangka meningkatkan kedisiplinan masyarakat. Razia masker akan menyasar beberapa lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat antara lain pasar, jalan raya, mal dan lainnya.

"Jangan sampai adaptasi kebiasaan baru (AKB) menjadi bahaya baru sehingga kami akan mengubah kebijakan. Jika perlu dilakukan kami akan menerapkan kembali PSBB," katanya.

Kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon saat ini menjadi 25 orang dengan rincian 8 sembuh, 2 meninggal dunia dan 15 dalam pengawasan.

(Antara/wis)

Subscribe to receive free email updates: