Pembobol Bank BNI Rp1,7 Triliun Maria Pauline Lumowa Ternyata Sempat Melawan

Pembobol Bank BNI Rp1,7 Triliun Maria Pauline Lumowa Ternyata Sempat Melawan
Popnesia.com - Tersangka pembobol Bank BNIMaria Pauline Lumowa, ternyata sempat melakukan perlawanan sebelum diekstradisi ke Indonesia untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya 17 tahun silam.

Seperti diketahui, pada 2003 Maria Pauline Limowa bersama rekannya Adrian Waworuntu membobol bank pelat merah mencapai Rp1,7 triliun.
Sebelum dibawa pulang ke Indonesia, wanita kelahiran Paleloan, Sulawesi Utara, pada 27 Juli 1958 tersebut sempat mengajukan permohonan agar tak diekstradisi.


“Sempat ada upaya hukum dari Maria Pauline Lumowa untuk melepaskan diri dari proses ekstradisi,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, melalui keterangan resmi yang diterima pada Kamis (9/7/2020).

Namun, kata Yasonna, upaya Maria Pauline Lumowa gagal setelah pemerintah Indonesia lewat Menkumham terus melakukan lobi tingkat tinggi kepada pihak pemerintah Serbia untuk mengekstradisi Maria.

"Indonesia dan Serbia memang belum saling terikat perjanjian ekstradisi, namun lewat pendekatan tingkat tinggi dengan para petinggi pemerintah Serbia dan mengingat hubungan sangat baik antara kedua negara, permintaan ekstradisi Maria Pauline Lumowa dikabulkan,” ujar Yasonna. kompas TV


Subscribe to receive free email updates: