Penerima Bansos Tahap Dua DKI 2,1 Juta KK, Pemprov Hanya Tanggung Sebagian, Lantaran....

Penerima Bansos Tahap Dua DKI 2,1 Juta KK, Pemprov Hanya Tanggung Sebagian
Popnesia.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah merampungkan pendataan penerima Bantuan Sosial (Bansos) tahap dua. Nantinya para penerima ini tidak hanya disalurkan bantuan dari Pemprov, tapi juga dari Pemerintah Pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria mengatakan total penerimanya berjumlah 2,153.196 Kepala Keluarga (KK). Data ini sudah disampaikan kepada Kementerian Sosial.

Jumlah penerima ini bertambah hampir dua kali lipat dari sebelumnya karena ada pengajuan dari berbagai pihak. Saat tahap satu, total penerimanya adalah 1,2 juta KK

"Sehingga data awal tadi ditambah data tambahan dan ditambah data usulan RT RW berjumlah kurang lebih 2.153.196 KK," ujar Riza saat dikonfirmasi, Rabu (13/5/2020).

Riza menyebut paket bantuan tidak hanya disediakan oleh Pemprov DKI. Pihaknya hanya memberikan bantuan kepada 853.196 KK.

Ia menyebutkan 1,3 juta orang sisanya akan diberikan paket Bansos dari Kementerian Sosial.

"Kami sudah rapat dengan Kemensos. Alhamdulilah Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan sebesar 1,3 juta KK paketnya," jelasnya.

Anggaran Bansos ini diambil dari Biaya Tak Terduga (BTT) yang berjumlah Rp 5,3 triliun. Dana BTT itu dibagi untuk tiga keperluan, yakni penanganan Covid-19, bantuan sosial, dan pemulihan dampak ekonomi.

"Kita siap terus membantu karena kami juga sudah menganggarkan Rp 5,3 triliun," pungkasnya.suara.com

Subscribe to receive free email updates: