Eks Kapolda Bengkulu Positif Corona, Begini Kata Kadiv Humas Mabes Polri

Eks Kapolda Bengkulu Positif Corona, Polri: Hasil Rapid Test Negatif
Popnesia.com - Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yowono membenarkan bahwa Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman positif terjangkit virus corona Covid-19. Argo menyebut Supratman positif Covid-19 berdasar hasil uji swab yang diumumkan sehari setelah acara pelantikan atas jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri pada Jumat (8/5) di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Terkait acara pelantikan dan serah terima jabatan, Argo mengklaim dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Menurut Argo, Supratman sendiri turut mengikuti rapid test sebelum acara Sertijab dimulai dengan hasil negatif.

"Jadi peserta yang mengikuti acara sertijab di lakukan pengukuran suhu badan hasilnya normal, serta dilakukan rapid tes terlebih dahulu dan saat itu hasilnya negatif tidak ada yang reaktif," kata Argo kepada wartawan, Selasa (12/5/2020).

Disisi lain, kata Argo, dalam acara Sertijab tersebut juga menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing sesuai protokoler kesehatan. Kemudian, semua pejabat yang melaksanakan kegiatan Sertijab juga dibekali mimbar dan iPad untuk menandatangani berita acar serah terima jabatan secara online.

"Tidak ada kontak langsung," ujar Argo.

Argo lantas menyampaikan, kedepannya pihaknya akan menyiapkan langkah guna menyikapi hal tersebut. Namun, pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pusat Kedokteran dan Kesehatan atau Pusdokkes Polri.

"Nantinya langkah yang akan di ambil seperti apa, apakah akan dirapid test ulang atau dites swab akan dibicarakan" ungkap Argo.

"Kami minta doa dari seluruh masyarakat agar yang terpapar segera diberikan kesembuhan dan segera bisa kembali bekerja. Corona bukan aib, marilah kita semua berdoa untuk kesembuhannya," imbuhnya.

Untuk diketahui Irjen Pol Supratman kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri jelang masa pensiun. Adapun, jabatan Kapolda Bengkulu kini diisi oleh Brigjen Pol Teguh Sarwono yang sebelumnya menjabat Wakapolda Maluku.


Pelantikan keduanya dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz bersama pelantikan delapan Kapolda lainnya di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (8/5).

Sementara, Supratman dinyatakan postif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab sehari setelahnya yakni pada Sabtu (9/5). Supratman masuk dalam daftar 23 orang positif COVID-19 yang diumumkan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu.

Jenderal bintang dua pertama di institusi Polda Bengkulu itu diduga terpapar virus corona saat masih bertugas di daerah itu.suara.com

Subscribe to receive free email updates: