Anaknya Dijadikan Olokan Politik, Annisa Pohan Mengadu ke Jokowi

(kiri ke kanan) Agus Harimurti Yudhoyono, Almira Tunggadewi Yudhoyono, dan Annisa Pohan saat mengunjungi Disneyland di Amerika Serikat pada akhir Desember 2019. Instagram.com/@annisayudhoyono
 Popnesia.com - Annisa Pohan mengadu kepada Presiden Jokowi lantaran putri tunggalnya, Almira Tunggadewi Yudhoyono menjadi bahan olok-olokan politik sebuah akun. Ia pun menuliskan cuitan aduannya di Twitter dengan langsung memention Jokowi. 

"Pak Jokowi, saya sebagai seorang ibu dan warga negara Bapak, saya protes terhadap tindakan akun ini, yang saya dengar seorang simpatisan Bapak tapi membawa anak saya yang di bawah umur untuk dijadikan bahan olokan politik dia," cuit menantu Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada Senin, 4 Mei 2020. 

Ia kemudian mencuit lagi. "Saya ingin tahu apa yang sudah dilakukan dia (menunjuk akun tersebut), untuk negara ini selain provokasi di social media. Abang bisa kasih solusi atau aksi nyata bantu masyarakat dalam kondisi negara sedang susah, atau lebih baik diam dibanding menyerang anak kecil dengan konten yang ngawur." 

(Paling kiri) Annisa Pohan bersama putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono, dan mendiang ibu mertua, Ani Yudhoyono. Foto ini diunggah pada Sabtu, 2 Mei 2020. Instagram.com/@annisayudhoyono

Istri Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY ini merespons cuitan akun tersebut yang melampirkan sebuah berita di media online. "Bapak udah. Anak udah juga. Sekarang cucu juga dikerahkan. Kalo ada cicit, cicit juga bisa ikutan minta lockdown." 

Oleh Annisa, cuitan akun ini dibalas. "Teman-teman, ini contoh manusia yang tidak membaca isi materi secara utuh. Jelas di situ adalah mengenai Almira yang mendapat tugas dari sekolahnya untuk membuat masukan kepada presiden mengenai memilih tentang lockdown. Dan konten ini adalah tentang Hari Pendidikan. Anda punya anak gak?"

Tapi ia kemudian menyadari, akun ini tak perlu terlalu serius ditanggapi setelah Annisa mengadu kepada suaminya.  Ia bertanya apakah mengenal nama itu. Ternyata suaminya tak tahu siapa yang dimaksud. 

"Gak seru laporan ke Mas Agus pas aku bilang, 'Pap akun ini ngetwit. Dia malah nanya siapa. 'Saudara kamu dari ayah? Udahlah gak kenal, biarin aja,' katanya. Ya udah aku lanjut ibadahlah...Ini Ramadan. Bubar...bubar," cuitnya. 

(kiri ke kanan) Almira Tunggadewi Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Annisa Pohan saat mengunjungi Disneyland di Amerika Serikat pada akhir Desember 2019. Instagram.com/@annisayudhoyono

Selanjutnya, ia menyindir pola pendidikan yang seharusnya diberikan kepada akun itu agar lebih terkontrol. "Kalau orang tua saya dulu, waktu saya kecil, kalau ngomong ngawur apalagi gak sopan, sering diancam, 'Hush, gak boleh ngomong begitu, nanti dicabein loh mulutnya. Kayaknya dia harus dicabein tapi sebanyak ini cabenya," ucapnya sambil mengunggah foto rimbunan cabai merah dan hijau yang dijual di pasar. 

Soal tugas sekolah Almira yang biasa disapa Aira itu dibagi kisahnya oleh AHY di akun Instagramnya pada Sabtu, 2 Mei 2020. Agus menuturkan, Aira mendapatkan tugas sekolah untuk membuat pidato dalam Bahasa Inggris dan menjelaskan tentang lockdown dalam masa pandemi covid-19, dan kenapa harus lockdown secara mandiri di rumah. 

"Yang seru, skenarionya: pidato tersebut harus disampaikan langsung ke hadapan Presiden Jokowi dan jajaran Pemerintahan. Akhirnya Aira pun mengajak papy dan mommynya berdiskusi tentang berbagai hal untuk bisa menjadi bahan pidatonya tersebut," tulis Agus sambil memberikan ucapak Selamat Hari Pendidikan Nasional. tempo.co

Subscribe to receive free email updates: