Gara-gara Menginap di Rumah Almarhumah Positif COVID-19, Warga Talamau Pasbar Jadi Tertular


Popnesia.com - Satu warga Paroman Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, dinyatakan positif COVID-19 setelah menginap di rumah almarhumah yang juga positif. 

"Setelah menerima hasil swab dari laboratorium Universitas Andalas Padang maka satu orang warga Talamau inisial R berjenis kelamin perempuan terinfeksi positif COVID-19," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Yulianto didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pasaman Barat, Rabu (15/4). 

Ia mengatakan pasien positif itu mempunyai riwayat pernah menumpang menginap di rumah pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia di Padang beberapa waktu lalu 

"Ia diduga pernah kontak langsung dengan almarhumah positif COVID-19 saat menumpang menginap di rumah almarhumah di Kota Padang ke Padang," katanya. 

Pasien direncanakan akan langsung dirawat di rumah sakit di Kota Padang. 

Selain itu juga akan melakukan penelusuran (tracing) dan tes swab kepada keluarga R dan diminta melakukan isolasi mandiri. 

Selain itu juga akan dilakukan penelusuran riwayat keluarga pasien dan riwayat sosial untuk memutus sebaran COVID-19. 

Ia mengimbau kepada warga Pasaman Barat untuk tetap tenang dan mengikuti anjuran pemerintah dengan melaksanakan Protokol Kesehatan. 

Pasien inisial R positif COVID-19 setelah keluar hasil tes swab dari laboratorium UNAND bersama 15 orang lainnnya. 

"15 orang lainnya dinyatakan negatif," katanya. 

Tes swab terhadap 16 orang itu dilakukan karena diduga mereka menjalani kontak langsung dan tidak langsung dengan almarhumah positif COVID-19. 

Almarhumah menjalani perawatan di RS M Djamil dan meninggal dunia. Almarhumah dimakamkan di kampung halamannya Paroman Kecamatan Talamau Pasaman Barat. 

brito.id

Subscribe to receive free email updates: