Diisolasi di Dalam Masjid Karena Covid-19, 3 Jemaah Masjid Jami Kebon Jeruk Mulai Keluhkan Sakit

Tim Medis Selalu Mengecek Kondisi Jemaah yang Dikarantina di ...
Popnesia.com - Masjid Jami Kebon Jeruk, Tamansari sudah menjadi lokasi isolasi jemaah ODP Covid-19 Minggu (29/3/2020)Tiga orang kini mengeluh sakit setelah diisolasi 

Setiap hari jemaah Masjid Jami' Kebon Jeruk, Tamansari, Jakarta Barat diperiksa kesehatannya. Beberapa jemaah mengaku mulai merasakan sakit. 

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan pihak Puskesmas Kecamatan Tamansari rutin memeriksa keadaan jemaah yang kini diisolasi di dalam masjid tersebut. 

"Hari ini ada lima jemaah yang memeriksakan kesehatan. Tiga sakit ringan dengan keluhan pegal-pegal dan kesemutan serta dua orang di periksa gula darah karena mempunyai riwayat diabetes melitus. Semua sudah ditangani," kata Rustam dikonfirmasi Rabu (1/4/2020). 

Selain itu ia menjamin bahwa sarapan pagi selalu disalurkan Baznas DKI dan makan siang dari Suku Dinas Sosial Jakarta Barat. 

Masing-masing pengiriman sebanyak 200 nasi boks siap saji. Selain itu ada juga beberapa donatur yang menyalurkan sumbangan makanan minuman serta buah korma kepada jemaah.

Pihak Kecamatan dan Kelurahan juga dipastikan selalu berada di posko isolasi itu. Mereka juga selalu menjalin komunikasi dengan pengurus Masjid Jami agar jemaah menerapkan social distancing antarjemaah. 

"Penjagaan tempat isolasi sampai saat ini masih dilakukan oleh tiga pilar yakni Kecamatan Tamansari, Intel Kodim Jakarta Barat dan Polres Metro Jakarta Barat," tandas Rustam. 

Diketahui sebelumnya ratusan Jemaah Masjid Jami Kebon Jeruk yang berasal dari mancanegara dan dalam negeri kini berstatus ODP. 

Status itu mereka sandang usai menjalankan rapid test Covid-19 Kamis (26/3/2020). Dari test itu ditemukan tiga WNI (warga negara Indonesia) suspect Covid-19. 

Ketiga WNI yang suspect itu kini sudah dikarantina di rumah sakit darurat Wisma Atlet, Kemayoran. Namun ratusan jemaah lainnya memilih mengisolasi di Masjid Jami' Kebon Jeruk. 

Selama 14 hari pihak Suku Dinas Sosial Jakarta Barat rutin mengirimkan pasokan makanan siap saji ke ODP Masjid Jami Kebon Jeruk. 

Diisolasi 5 Hari 

Seperti diketahui, Jemaah Masjid Jami' Kebon Jeruk, Tamansari, Jakarta Barat mulai mengeluh setelah diisolasi selama 5 hari di masjid tersebut. 

Banyak dari mereka harus gagal pulang ke kampung halaman karena tertahan di dalam masjid. 

Demikian diungkapkan Camat Tamansari Risan H Mustar. 

Menurut Risan, seharusnya 14 jemaah asal Medan itu pulang ke kampung halamannya pada Kamis (26/3/2020) lalu.

Ke-14 jemaah itu sudah memesan tiket pesawat untuk pulang ke Medan. Walhasil tiket pesawat itu hangus karena mereka harus ikut diisolasi di Masjid Jami' Kebon Jeruk. 

"Usai rapid test Covid-19 mereka terpaksa diisolasi karena kemungkinan berkontak dengan tiga jemaah yang positif," kata Risan dihubungi Selasa (31/3/2020). 

Meski demikian, Risan mengaku telah meminta para jemaah bersabar agar mengisolasi diri selama 14 hari di masjid itu. 

Hal itu juga agar mereka tidak menjadi carier di kampung halaman mereka masing-masing. 

"Nanti tiba-tiba sampai Medan ternyata positif Covid-19 kan jadinya malah gawat," ujarnya. 

Setelah 14 hari nantinya petugas akan kembali mengecek kesehatan para jemaah. Hal itu untuk memastikan bahwa 182 jemaah benar-benar bebas dari virus corona. (m24)

wartakotalive


Subscribe to receive free email updates: