Diisolasi 5 Hari Gara Gara Virus Corona Jemaah Masjid Jami Kebon Jeruk Mulai Mengeluh


Popnesia.com - Jemaah Masjid Jami' Kebon Jeruk, Tamansari, Jakarta Barat mulai mengeluh setelah diisolasi selama 5 hari di masjid tersebut. 

Banyak dari mereka harus gagal pulang ke kampung halaman karena tertahan di dalam masjid. 

Demikian diungkapkan . 

Menurut Risan, seharusnya 14 jemaah asal Medan itu pulang ke kampung halamannya pada Kamis (26/3/2020) lalu. 

Ke-14 jemaah itu sudah memesan tiket pesawat untuk pulang ke Medan. Walhasil tiket pesawat itu hangus karena mereka harus ikut diisolasi di Masjid Jami' Kebon Jeruk. 

"Usai rapid test Covid-19 mereka terpaksa diisolasi karena kemungkinan berkontak dengan tiga jemaah yang positif," kata Risan dihubungi Selasa (31/3/2020). 

Meski demikian, Risan mengaku telah meminta para jemaah bersabar agar mengisolasi diri selama 14 hari di masjid itu. 

Hal itu juga agar mereka tidak menjadi carier di kampung halaman mereka masing-masing. 

"Nanti tiba-tiba sampai Medan ternyata positif Covid-19 kan jadinya malah gawat," ujarnya. 

Setelah 14 hari nantinya petugas akan kembali mengecek kesehatan para jemaah. Hal itu untuk memastikan bahwa 182 jemaah benar-benar bebas dari virus corona. 

"Pertengahan April nanti mereka tinggal pulang seusai diperiksa. Kalau sehat silakan pulang," jelas Risan. 

Sampai saat ini jumlah jemaah yang diisolasi di Masjid Jami' Kebon Jeruk masih sama seperti Minggu (29/3/2020) lalu yakni 182 jemaah. 

Belum ada lagi jemaah yang berkenan dievakuasi ke rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran agar mendapat tindakan medis. 

Diketahui sebelumnya ratusan Jemaah Masjid Jami Kebon Jeruk yang berasal dari mancanegara dan dalam negeri kini berstatus ODP. 

Status itu mereka sandang usai menjalankan rapid test Covid-19 Kamis (26/3/2020). Dari test itu ditemukan tiga WNI (warga negara Indonesia) suspect Covid-19. 

Ketiga WNI yang suspect itu kini sudah dikarantina di rumah sakit darurat Wisma Atlet, Kemayoran. Namun ratusan jemaah lainnya memilih mengisolasi di Masjid Jami' Kebon Jeruk.

Selama 14 hari pihak Suku Dinas Sosial Jakarta Barat rutin mengirimkan pasokan makanan siap saji ke ODP Masjid Jami Kebon Jeruk. (m24) 

wartakotalive


Subscribe to receive free email updates: