Dari 191 Pohon di Monas Ditebang, Hanya Ditemukan 46 Batang, Bagaimana Sisanya?

Dari 191 Pohon di Monas Ditebang, Hanya Ditemukan 46 Batang, Bagaimana Sisanya?
Popnesia.com - Sebagian batang-batang pohon yang ditebang karena revitalisasi Monas ditemukan. Sebanyak 46 batang pohon ditemukan di area Monas.

Batang-batang pohon ini ditemukan oleh Tim Asistensi Komisi Pengarah (Komrah) dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) pada Rabu (26/2). Pada saat itu, Tim Komrah tengah melakukan pengambilan sampel tanah dan pohon hasil revitalisasi.

"Iya (batang pohon yang ditemukan hasil revitalisasi). Kebetulan selaku Tim Asistensi Komrah, saya memang baru ke sana hari itu, dalam rangka untuk memastikan seperti apa status pohon bekas ditebang dalam rangka revitalisasi," ujar anggota Tim Asistensi Komrah KLHK Bambang Hero saat dihubungi, Sabtu (29/2/2020).

Baca juga:Kemdikbud: Revitalisasi Monas Tak Sederhana, Cagar Budaya Tak Hanya Fisik

Bambang mengatakan, selain 46 batang pohon, 6 batang pohon ditemukan masih dengan akarnya. Bagian batang-batang pohon ini ditemukan di dekat tenda para pekerja revitalisasi atau sisi timur Monas.

"Kalau yang tumpukan bekas tebangan itu ada 46 batang, sementara yang masih dengan akarnya ada 6 pohon yang ditemukan dekat tenda para pekerja, di bekas kandang rusa," tuturnya.

"Sebanyak 46 batang itu dari sekian pohon, datanya ada di KLHK," sambungnya.

Baca juga:Cek Perusakan, Tim Komisi Pengarah Ambil Sampel Tanah-Pohon Revitalisasi Monas

Tonton juga Massa Gelar Aksi di Depan Pintu IRTI Monas, Minta Anies Lengser :

Bambang menyebut tidak mengetahui pasti apakah potongan-potongan pohon tersebut saat ini masih berada di Monas. Dia menyebut pihaknya hanya melakukan pengambilan sampel untuk diteliti.

"Seharusnya masih ada, saya tidak ada urusan untuk pengangkutan," kata Bambang.detik.com


Subscribe to receive free email updates: