Pemulangan WNI dari Wuhan, China Disebut Punya Andil Besar dalam Proses Evakuasi

Pemulangan WNI dari Wuhan, China Disebut Punya Andil Besar dalam Proses Evakuasi - Warta Ekonomi
Popnesia.com - Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Santo Darmosumarto, mengakui andil besar pemerintah China dalam proses evakuasi dan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) dari Provinsi Hubei, termasuk kota Wuhan. Ada 238 WNI dipulangkan dari Provinsi Hubei, melalui Wuhan, pada akhir pekan lalu.

Menurut Santo, Beijing bukan hanya mengeluarkan izin terbang bagi maskapai Indonesia yang hendak menjemput WNI di Wuhan, tapi juga membantu mempersiapkan transportasi dan pembukaan jalur bagi bus yang membawa WNI dari lokasi penjemputan ke bandara.

"Ketika bus jalan ke tempat-tempat untuk ambil (WNI), bus tidak jalan sendiri, tapi ada orang Kantor Kementerian Luar Negeri (FAO), seperti biro FAO pemerintah provinsi mendampingi, dan ikut berdebat dengan beberapa pihak, misalnya ketika tidak diberi akses untuk melewati penutupan jalan. Harus ada orang dari sana (China) yang berdebat, kalau kita yang berdebat tidak akan dikasih," paparnya, Senin (3/2/2020).

"Untuk busnya juga, itu tidak serta merta kita sewa, harus didata dan diberi label untuk bisa melintas. Dukungan mereka sebenarnya cukup baik yang memudahkan evakuasi. Jadi, kemarin itu kalau tidak dibantu pemerintah China, tidak mungkin kita bisa lakukan. Ada dukungan dari China untuk evakuasi ini yang mungkin tidak diketahui dan oleh karena itu kita apresiatif," imbuh Santo.

Indonesia sendiri, sebagai "ucapan" terima kasih kepada China atas bantuan pemulangan WNI, mengirimkan sejumlah alat-alat kesehatan, seperti masker kepada pemerintah China. Santo menuturkan, bantuan berupa pemberian 150.000 masker, adalah bentuk apresiasi atas bantuan yang diberikan China dalam proses evakuasi ratusan WNI.wartaekonomi

Subscribe to receive free email updates: