Heboh Virus Corona, Anak Ahok Curhat Soal Diskriminasi, Hingga beri Cara Aman Terhindar Virus

 Heboh Virus Corona, Anak Ahok Curhat Soal Diskriminasi
Popnesia.com - Wabah virus corona baru (2019-nCoV) begitu menggegerkan dunia. Tidak hanya di negara terjangkit saja, sejumlah negara yang terbebas dari virus ini juga tak lepas menyoroti kasus tersebut. Termasuk di Indonesia.

Baru-baru ini, anak kedua Ahok, Nathania Purnama menuliskan curahan hatinya di Instagram Stories. Pemilik akun Instagram nata.zong ini menuliskan kekesalannya mengenai diskriminasi yang terjadi akibat virus corona.

Lantas bagaimana curahan hati Nathania, anak kedua Ahok mengenai penyebaran virus corona? Simak ulasan informasinya berikut ini.

Perlakukan Berbeda di Indonesia

Nathania Purnama menuliskan kekesalannya di Instagram Stories-nya. Hal ini tidak lepas dari kasus wabah virus corona yang masih merebak di dunia. Anak kedua Ahok hasil pernikahan dengan Veronica Tan ini merasa sedikit kesal dengan perilaku diskriminasi beberapa orang pada orang China.

"Saya sedikit kesal dengan bagaimana orang-orang China (bukan orang Indonesia-China) diperlakukan berbeda di sini di Indonesia, walaupun berada dalam posisi yang sama seperti kita dengan penyebaran coronavirus," tulis Nathania.

Pengalaman Kenalannya

Wanita berparas ayu ini juga menceritakan pengalaman tak mengenakan yang dialami oleh kenalannya. Dikatakan, kenalan Nathania yang merupakan seorang tutor ini disuruh mengenakan masker selama perjalanan. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan itu pula kenalan Nathania kerap ditanya oleh driver ojol apakah dia memiliki virus corona atau tidak.

"Seseorang yang saya kenal yang merupakan tutor, disuruh memakai topeng dalam pelajaran mereka dan sering ditanyai oleh pengemudi Gojek apakah mereka memiliki virus corona atau tidak, hanya karena mereka orang China," paparnya.



Yang menjadi permasalahannya yakni kenalan Nathania diketahui telah berada di Indonesia sepanjang waktu penularan virus. Parahnya, sang pengemudi juga dikatakan sudah mengetahui fakta tersebut. Namun, sang driver ojol ini mengira jika orang China pasti akan menyebarkan virus corona.

"Masalahnya adalah, mereka telah berada di sini sepanjang waktu penularan virus dan majikan mereka tahu ini. Namun mereka mengira bahwa, karena orang ini orang China, virus pasti menyebar ke mereka," sambungnya.

"Para pengemudi gojek mungkin tidak tahu bahwa mereka telah berada di Jakarta sepanjang waktu tetapi tetap saja, untuk membuat asumsi itu hanya karena mereka orang China hanyalah," tulis anak kedua Ahok ini.

Pemikiran yang Dianggap Konyol

Masih berlanjut, Nathania juga mengatakan baik kalian orang China atau pun bukan, tidak bisa menentukan apakah kalian memiliki virus atau tidak. Adik Sean Nicholas ini juga mengungkapkan jika dirinya mendapati sejumlah orang berusaha lebih berhati-hati pada virus corona ini.

"Saya mendapatkan bahwa orang-orang berusaha lebih berhati-hati terhadap virus, dan bahwa lebih mudah untuk mengasumsikan bahwa sejak kasus pertama wabah virus itu di China, orang-orang China lebih mungkin untuk memilikinya daripada yang lain," ungkap Nathania.



"Tapi itu konyol! Jika Anda benar-benar berhati-hati maka Anda akan menghindari SIAPA PUN di luar. Virus corona tidak hanya pergi ke seseorang, memindai mereka dan berpikir 'oh orang ini bukan orang China' dan kemudian beralih ke yang berikutnya!," lanjutnya.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa kali saya pernah mendengar orang berkata 'Oh, kita lebih baik menghindari tempat itu karena ada banyak orang China' dan memikirkan bodoh saran itu," sambungnya.


Bisa Dihindari Jika Orang Banyak Lihat Informasi

Nathania juga menegaskan, hal ini bisa dihindari jika masyarakat memutuskan untuk sedikit lebih banyak melihat informasi. Seperti dikatakan, saat ini sudah banyak sekali berita terbaru mengenai virus corona. Baik melalui media cetak ataupun media sosial yang terpercaya.

"Dalam hal ini, semacam, waktu kita yang rapuh penyebaran informasi yang salah meningkat. Dan hal yang menyedihkan adalah sangat mudah untuk dihindari jika orang hanya memutuskan untuk membaca sedikit lebih banyak dan menanyakan lebih banyak informasi," papar adik Sean Nicholas Purnama.



Rupanya, Nathania juga berniat ingin membagikan segala informasi yang didapatkannya mengenai virus corona pada masyarakat. Hal ini bertujuan agar warga Indonesia bisa lebih mengenal dan mengetahui lebih dalam lagi akan wabah virus corona baru (2019-nCoV).

"Jadi, saya akan memudahkan Anda dan rekap apa yang sudah saya ketahui berdasarkan berita yang saya baca. Beri aku waktu sebentar," tulis Nathania.

Tentang Penyebaran Virus di Indonesia

Tidak hanya menumpahkan kekesalan saja, Nathania dengan rendah hati juga memberikan informasi mengenai penyebaran virus corona melalui Instagram Stories-nya.

"Jokowi telah menyatakan bahwa sampai sekarang, tidak ada seorang pun di Indonesia yang telah terinfeksi oleh coronavirus. Ada beberapa yang dicurigai pada 3 Februari, tetapi TIDAK ADA YANG TELAH DIKONFIRMASI," ungkap Nathania.

"Saat ini ada larangan impor China termasuk hewan hidup, makanan, dll untuk mencegah penyebaran. Lebih jauh, pemerintah Indonesia telah melarang semua perjalanan ke dan dari China sejak 3 Februari," pangkasnya.


Cara Aman Terhindar Terinfeksi Virus

Nathania Purnama juga tak lupa memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk lebih berhati-hati. Tidak hanya itu, anak kedua Ahok ini juga menyampaikan saran kepada masyarakat luas.



"Cuci tanganmu, hindari menyentuh mata Anda dengan tangan yang tidak dicuci, jaga dirimu karena virus lebih berbahaya bagi mereka yang sakit atau lemah dan tetap mengetahui berita serta membaca sumber yang kredibel," tips dari Nathania.

"Ingat, tidak buruk untuk berhati-hati tentang seluruh situasi ini, tetapi jangan bersikap tidak rasional dan langsung mengambil kesimpulan tanpa fakta yang mendukung Anda," saran Nathania yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris itu.

Penelitian Virus Corona Berjalan dengan Baik

Lebih lanjut, dara berusia 19 tahun ini juga memaparkan pengetahuannya sedikit mengenai kabar terbaru dari wabah virus corona. Sejauh dia melihat di berita, penelitian atas virus corona ini berjalan dengan baik dan lebih cepat dibanding kasus virus sebelumnya.



"Ditambah, sejauh ini saya telah membaca bahwa penelitian untuk virus ini berjalan dengan baik dan lebih cepat daripada bertahun-tahun yang lalu, ketika virus lain pecah. Jadi, vaksin MUNGKIN tersedia lebih cepat dari yang kita kira," paparnya.

"Saya telah menghubungkan video yang menurut saya cukup rahasia dan menyeluruh dalam informasi tentang coronavirus," ungkapnya.


Mengajak Hentikan Penyebaran Informasi yang Salah

Di akhir Instagram Stories-nya, Nathania juga tak lupa mengajak masyarakat luas untuk bersama-sama menghentikan penyebaran informasi yang salah. Dan jangan ada lagi tindakan rasis di kalangan masyarakat Indonesia.




"Mari kita coba hentikan penyebaran informasi yang salah ini dan hentikan niat rasis yang bodoh untuk keluar kendali. lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi kami selalu dapat mencoba! Ok itu saja," tutup Nathania Purnama.merdeka

Subscribe to receive free email updates: