Warga Pakai Duit Sendiri Perbaiki Tanggul Banjir, Pemprov DKI Berkilah Begini


Popnesia.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta buka suara soal warga yang memperbaiki tanggul kali Cipinang dengan menggalang dana swadaya atau patungan. Pemprov mengaku sudah ingin membantu perbaikan tanggul itu. 

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini mengatakan sudah mendapatkan laporan dari Suku Dinas SDA Jakarta Timur saat warga melakukan patungan. Pihak Sudin juga mengaku sudah menawari agar warga tak perlu memperbaiki tanggul sendiri. 

"Saya sudah tanya Kasudin, kata Kasudin pas lagi rapat-rapat ditawarin biar kita yang kerjain," ujar Juaini saat dikonfirmasi, Jumat (30/1/2020). 

Ia menyebut pihaknya memiliki Satuan Petugas (Satgas) yang mengurusi perbaikan tanggul bersama dengan bahan untuk memperbaikinya. Namun akhirnya karena warga sudah terlanjur patungan, pihak Sudin membiarkan warga melakukan perbaikan. 

"Padahal kita material juga banyak, di gudang ada semua. Eh dia bilang sudah terlanjur nanti kalo enggak cukup baru minta bahan lagi," jelasnya. 

Selain menawarkan bantuan bahan jika kurang, Juaini mengatakan pihaknya juga menurunkan sekitar 20 petugas untuk membantu perbaikan. Menurutnya warga tidak perlu patungan dan hanya perlu melapor kepada Sudin jika ada tanggul rusak. 

"Padahal kan ngerjainnya enggak pakai proses lelang, kalau emang kita yang ngerjain pakai satgas. Ketika diminta, disurvei, satgas langsung datang," pungkasnya.     

Sebelumnya, warga RW 11 Kramat Jati, Jakarta Timur, menggalang dana swadaya untuk memperbaiki tanggul Kali Cipinang yang jebol, Rabu (1/1/2020). Duit yang terkumpul sedikitnya Rp 20 juta. 

Perbaikan tanggul yang jebol dikerjakan sepanjang 30 meter dengan tinggi 60 centimeter (cm) dari bibir tanggul berlokasi di RW 11 Kramat Jati. 

"Proses perbaikannya berjalan selama sepekan sejak Senin (20/1/2020). Uang sumbangan warga yang terkumpul kisarannya Rp20 juta lebih," kata RW11 Kramat Jati, Hadiyar di Jakarta, Senin (27/1/2020).  suara.com

Subscribe to receive free email updates: