Ejek Wali Kota Surabaya Risma sebagai Kodok Betina, Akun Ini Dipolisikan


Pemkot Surabaya Laporkan Akun Penghina Risma ke Polisi
Popnesia.com  - Akun Facebook bernama Zikria Dzatil dilaporkan ke polisi atas dugaan penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini alias Risma.

Dalam unggahan yang dibuat akun itu tanggal 16 Januari 2020, terdapat kalimat yang dinilai sebagai bentuk penghinaan.

Kalimat hinaan tersebut adalah menyamakan perempuan nomor satu di Surabaya tersebut dengan seekor katak betina. "Anjirrrrr.... Asli ngakak abis...nemu nih foto sang legendaris kodok betina".

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Sudamiran mengatakan, pemkot melakui kabag hukum melaporkan kasusitu Selasa (21/1) pekan ini.

"Benar, kami telah menerima laporan resmi dari Wali Kota Surabaya soal akun itu pada tanggal 21 Januari," kata Sudamiran di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (24/1/2020).

Laporan itu, lanjut Sudamiran, dibuat oleh Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilowati sebagai kuasa hukum dari Risma.

Untuk diketahui, akun Facebook tersebut tak hanya sekali mengunggah tulisan yang berkaitan dengan Wali Kota Risma. Status lain yang ia buat yakni mengenai banjir yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu.


“Maaf....kgk udeh melotot gitu keles.....tuh kota lo banjir kgk udah sok sibuk ngurusin kota org bu....lo keder kan bu kota lo kena jg na banjir.....malam tuh cebong-cebong yg baru netes.”

Sementara di bawah tulisan yang diunggah itu, terdapat meme wajah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seperti sedang hormat dan Risma yang melotot.

Anies: Kenapa mbak kok mrengut?

Risma: Surabaya banjir Mas

A: Santai, Mbak... itu salah saya... Saya yg tanggung jawab

Unggahan tersebut ramai jadi perbincangan dan banyak dari warganet menghujatnya. Meski unggahannya telah dihapus, hasil bidik layar sudah menyebar dan viral di berbagai grup media sosial.suarajatim

Pemkot Surabaya Laporkan Akun Penghina Risma ke Polisi
Ejek Wali Kota Surabaya Risma sebagai Kodok Betina, Akun Ini Dipolisikan
Pemerintah Kota Surabaya telah melaporkan akun media sosial yang diduga melakukan penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran mengatakan pihaknya telah menerima laporan itu secara resmi pada Selasa (21/1).

"Pihak Polrestabes Surabaya, tanggal 21 Januari, telah menerima laporan resmi dari Ibu Wali Kota Surabaya, soal akun itu," kata Sudamiran saat ditemui, Jumat (24/1).

Laporan itu sendiri, kata Sudamiran, dibuat oleh Kabag Hukum Pemkot Surabaya, Ira Tursilowati, sebagai penerima kuasa resmi dari Risma.

"Pelapornya adalah Kabag Hukum Pemkot (Surabaya), yang menerima kuasa dari Ibu Wali Kota," ujar dia.

Akun media sosial yang dilaporkan tersebut atas nama Zikria Dzatil. Dalam bukti tangkapan layar atau screenshoot, akun tersebut diduga telah dua kali mengunggah foto Risma dengan kalimat hinaan.

"Anjirrrrr.... Asli ngakak abis...nemu nih foto sang legendaris kodok betina," salah satu potingan akun tersebut, yang diduga menghina Risma.

Sudamiran mengatakan untuk mendalami dugaan penghinaan tersebut, pihaknya pun telah memintai keterangan empat orang saksi.

"Kita sudah memintai keterangan empat orang, ada dari sumber berita yang mengawali itu, ada dari salah satu warga yang menyatakan keberatan atas akun Facebook itu," katanya.

Namun demikian, penyidik Polrestabes Surabaya, hingga kini masih mendalami akun tersebut. Sebab unggahan serta akun yang bersangkutan diduga telah dihapus pemiliknya.

"Masih dalam tahap penyelidikan tentang akun itu, karena akun itu sendiri sekarang telah tidak aktif sejak tanggal sehari itu sudah tidak aktif," katanya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kabag Hukum Pemkot Surabaya, Ira Tursilowati belum menjawab perihal laporan itu, ia mengaku dirinya sedang rapat.


"Saya sedang rapat, nanti saya kabari," ujarnya.CNNINDONESIA


Subscribe to receive free email updates: