Anies Perintahkan Lurah Ingatkan Warga soal Banjir Pakai Toa, lantaran.....

PTR, Anies di Balai Kota
Popnesia.com - Banjir Jakarta pada Rabu (1/1) datang begitu cepat. Warga banyak yang tak sempat menyelamatkan barang sebelum banjir melanda.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mengevaluasi SOP early warning system banjir. Dengan perubahan ini, diharapkan warga bisa menyiapkan diri sebelum banjir besar datang.

"Ya kita sejak kemarin review SOP yang selama ini ada dan salah satu hal yang akan diterapkan baru adalah bila ada kabar, maka pemberitahuannya akan langsung ke warga, tidak melalui jenjang," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (8/1).
Anies Baswedan
Dia bahkan menginginkan lurah turun langsung dan memberikan pemberitahuan ke warganya menggunakan toa. Sebab, nyatanya pemberitahuan melalui pesan berantai lewat grup WA tak juga efektif jika banjir datang di malam hari karena bisa jadi warga tengah tidur.

"Jadi kelurahan, bukan ke RW/RT, tapi langsung ke masyarakat berkeliling dengan membawa toa untuk memberi tahu semuanya, karena kemarin pada malam itu pemberitahuan diberi tahu, tapi karena malam hari, diberitahunya lewat HP, akhirnya sebagian tidak mendapatkan informasi," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI, Dudi Gardasi, membantah early warning system terkait banjir bermasalah saat banjir merendam Jakarta awal tahun ini. Menurutnya, cara kerja early warning system memang berdasarkan tinggi air di Katulampa.

"Terkait dengan kondisi banjir yang terjadi di tahun baru, itu early warning kami tidak termasuk dalam kategori telat. Karena hujannya lokal," kata Dudi di diskusi Polemik di Bidara Cina, Jakarta Timur, Sabtu (4/1).

"Kalau early warning kami, yang 9 sampai 12 jam itu adalah kalau air Katulampa. Kalau Katulampa naik, sampai 300 (cm) atau siaga 1 itu kami bisa prediksi, sehingga penduduk yang di sekitar Ciliwung bisa kita ungsikan. Bila hujannya lebat dan lokal seperti itu, ini agak pengalaman pertama baru di DKI," sambungnya.kumparan.com

Subscribe to receive free email updates: