Karni Ilyas Langsung Sindir Arief Puyuono Usai Sebut Erick Thohir Nggak Ngerti Apa-apa


Popnesia.com - Presenter ILC Karni Ilyas langsung sindir Ketua Federasi Serikat pekerja BUMN, Arief Poyuono seusai menyebut menteri BUMN, Erick Thohir tidak tahu apa-apa.

Hal itu diucapkan Arief Puyuono di acara ILC tadi malam, Selasa (10/12/19).

Arief Poyuono menyebut Garuda telah mengirimkan surat kepada bea cukai.

"Saya mengikuti terus, dan akhirnya sekarang clear, bahwa pengakuan bea cukai ada surat dari Garuda untuk dimintakan pengecekan pabean di pesawat yang baru saja mendarat," ujar Arief Poyuono.

Setrlah itu, Karni ILyas selaku host ILC menyela.

"Bea cukai baru bilang melakukan penyelidikan, kok anda masuk disclamer?," tanya Karni Ilyas.

Arief Puyuono menyebut yang dilakukan Mantan Direktur Utama Garuda, Ari Akshara bukan penyelundupan.

"Ini namanya bukan penyelundupan, kalau penyelundupan itu tidak perlu lapor pabean," ujar Arief Puyuono.

Lalu, Karni Ilyas kembali menyanggah.

"Penyelendupan bisa juga saya lapor 3 yang masuk 10," ujar Karni Ilyas kesal.

Arief Puyuono mengatakan bahwa pihak garuda sudah mengirim surat kepada kepabeanan untuk melakukan pengecekan.

"Iya itu kan ada surat untuk memeriksa pesawat baru, tulisannya jelas untuk meminta untuk melakukan proses kepabean," ujar Arief Puyuono.

Arief menyebut barang-barang yang akan diangkut di pesawat tidak perlu masuk kargo lantaran sudah dianggap bawaan penumpang.

"Kenapa nggak masuk kargo, mungkin itu bawaan penumpang," ujar Arief Puyuono.

Arief Puyuono lalu mengatakan tidak ada aturan pesawat baru tidak boleh membawa barang.

"Tidak ada aturan bahwa pesawat baru yang very flight dari pabrik ke sini tidak boleh membawa barang, tidak ada aturannya," ujar Arief Puyuono.

"Artinya sudah jelas, kasus ini bukan penyelundupan, kalau penyelundupan itu konotasinya sudah baik, dari garuda mengirimkan surat, kalau tidak ada pengiriman surat, nah itu ada niatan tidak baik," imbuhnya.

Terkait dengan pesawat Garuda yang membawa harley Davidson dan parkir di hanggar, Arief Puyuono menyebut tidak ada aturan tersebut.

"Kalau mendarat di hanggar, tidak ada aturannya juga, itu tergantung angkasa pura mau diparkirin di mana pesawatnya, celar ya," ujar Arief Puyuono.

Arief Puyuono lalu menyebut jika menteri BUMN, Erick Thohir dibohongi` Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

"Menteri BUMN ini dibohongi sama menteri keuangan, dibohongin, kasihan Erick ini, dia kurang ngerti tentang hukum custom, mungkin karena dia pengusaha gede, nggak ngerti gituan," ujar Arief Poyuono.

Lalu, Karni Ilyas menyela.

"Tunggu dulu, anda kan Ketua Federasi Serikat pekerja BUMN, jangan-jangan salah, anda Ketua Federasi Serikat direksi BUMN," sindir Karni Ilyas.

Ucapan Karni Ilyas itu langsung membuat semua narasumber tertawa.

Arief Poyuono berharap agar publik tahu sistem administrasi yang benar.

"Enggak, salah ingin menempatkan sesuatu yang benar, jangan dipelintir, karena garuda perusaahan terbesar di negeri ini, maka kata-kata dari menteri, bisa merubah saham di Garuda, ingat lho," ujar Arief Poyuono.
 
Diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara. 

Pasalnya, Dirut yang menjabat selama dua tahun tersebut diketahui telah melakukan menyelundupkan onderdil Harley Davidson keluaran tahun 1972 serta dua sepeda Brompton. 

"Dengan itu saya akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini kami, karena Garuda adalah perusahaan publik akan ada prosesur lainnya," ujar dia ketika memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (5/12/2019). 

Erick pun memaparkan, Ari Askhara telah melakukan instruksi untuk mencari motor Harley Davidson klasik tahun 1972 sejak tahun 2018 lalu. 

Selain itu yang bersangkutan juga telah melakukan transfer dana ke rekening pribadi finance manager Garuda Indonesia berinisial IJ di Amsterdam. 

"Ini menyedihkan. Ini proses menyeluruh di BUMN bukan individu, tapi menyeluruh. Ini Ibu (Sri Mulyani) pasti sangat sedih," ujar dia. 

Diberhentikan 

Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (tbk) mengumumkan pemberhentian empat anggota direksi. Hal ini menyusul kasus penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Airbus A300-900 neo milik maskapai berpelat merah itu. 

Keempat direktur yang diberhentikan, yaitu

1. Direktur Operasi Garuda Indonesia Bambang Adisurya Angkasa, 

2. Direktur Kargo Dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Mohammad lqbal, 

3. Direktur Teknik Dan Layanan Garuda Indonesia lwan Joeniarto 

4. Direktur Human Capital Garuda Indonesia Heri Akhyar. 

"Pada hari ini, Senin 9 Desember 2019, menindaklanjuti pertemuan Dewan Komisaris dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Pemegang Saham Seri A Dwiwarna Garuda Indonesia, Dewan Komisaris Garuda Indonesia sesuai kewenangan dalam Anggaran Dasar Perseroan telah menerbitkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Garuda Indonesia tentang Pemberhentian Sementara Waktu Anggota-Anggota Direksi Garuda Indonesia," ujar Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol. 

Lebih lanjut dijelaskan, guna menjaga kelangsungan operasional sesuai Anggaran Dasar Perseroan, Dewan Komisaris Garuda Indonesia telah menunjuk Fuad Rizal sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Operasi dan pelaksana tugas direktur Teknik dan Layanan, di samping melaksanakan tugasnya sebagai Plt. 

Direktur Utama dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Kemudian Pikri Ilham Kurniansyah sebagai pelaksana tugas Direktur Human Capital dan pelaksana tugas Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, di samping melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Niaga. 

"Hal ini sampai dengan penetapan secara definitif oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)," jelasnya. 

Kemudian, pelaksana tugas tersebut telah menunjuk dan menetapkan pelaksana tugas harian (Plh) untuk bertindak melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai bidang masing-masing, yaitu 

1. Capt Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi, 

2. Mukhtaris sebagai Pejabat Direktur Teknik dan Layanan, 

3. Joseph Dajoe K. Tendean sebagai Pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha 

4. Capt. Aryaperwira Adileksana sebagai Pejabat Direktur Human Capital. 

"Berkenaan dengan hal-hal tersebut di atas, Dewan Komisaris telah menyampaikan permintaan kepada Direksi Garuda Indonesia agar segera menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham untuk mengukuhkan pemberhentian sementara waktu Anggota-anggota Direksi tersebut, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Sahala. 

Denda Rp 100 Juta 

Kementerian Perhubungan memberikan sanksi administratif kepada PT Garuda Indonesia (tbk) terkait penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton di pesawat Airbus A300-900 neo milik maskapai berpelat merah itu. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengatakan penerapan sanksi itu atas pelanggaran terhadap PM 78 tahun 2017 tentang Pengenaan Sanksi Administratif Terhadap Pelanggaran Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Penerbangan. 

"Sanksi admistrasi kepada Gruda karena melanggar PM 78 Tahun 2017 terkait dengan kesesuaian terhadap flight approval. Dan itu sudah ada di PM kami dan sudah disampaikan kepada Garuda hari ini. Kami menunggu reaksinya," kata Polana. 

Nilai denda yang ditagihkan ke Garuda Indonesia berkisar antara Rp25-100 juta. "Iya (diberikan) ke institusi. Denda antara Rp 25 juta sampai Rp 100 juta sesuai PM 78 Tahun 2017," ucapnya. 

Kemenhub meminta agar maskapai berpelat itu membayar denda dalam kurun waktu paling lambat tujuh hari. 

Polana juga menanggapi pemberhentian empat direksi PT Garuda Indonesia (tbk). 

Polana mengatakan, saat ini pihaknya baru mendapat laporan soal penonaktifan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara yang telah digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Fuad Rizal. 

Terkait rencana pemberhentian empat direktur selain Ari Askhara, Polana meminta agar direktur yang berhubungan dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan segera mendapatkan penggantinya. 

"Kalau BOD (board of directors) lain secara formal belum terima pemberitahuan, setahu saya baru akan tapi kapan siapa saja belum ada info," kata Polana. 

"Namun apabila ada pemberhentian Direktur Teknik, harus segera ada Plt. Karena key person itu punya tanggung jawab soal keselamatan. Kalau ada pemberhentian key person, harus segera ditunjuk Plt-nya," tambahnya. 

Polana mengatakan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian BUMN terkait operasional penerbangan maskapai berpelat merah itu. Kemenhub memastikan keselamatan Garuda Indonesia hingga saat ini masih terjamin. 

"Key person selalu jadi perhatian kami, yang tanghung jawab dalam keselamatan, operasi dan teknis. Kami jamin Garuda masih sesuai ketentuan regulasi penerbangan tetap dijamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang," pungkasnya. 

KPK bersama Kemenkeu saling berkoordinasi membahas penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di lambung pesawat Garuda Indonesia. 

"Untuk itu kita ada koordinasi. Kami tadi ngomong ke Bu Sri Mulyani (Menkeu), memang ada beberapa hal yang kami bicarakan dengan Bea Cukai dan Kemenkeu," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani diketahui kemarin menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019. 

Syarif pun belum memastikan apakah ada indikasi korupsi dalam penyelundupan tersebut. "Kami belum bisa pastikan tetapi kami ada pembicaraan," ujar Syarif. (*)     

Tribun Jateng

Subscribe to receive free email updates: