Tidak Boleh Ucapkan Selamat Natal, Netizen Indonesia Ramai-Ramai Boikot Roti Tous les Jours


Franchise roti asal Korea Selatan, Tous les Jours tengah menjadi perbincangan netizen Indonesia, menyusul sebuah video viral di media sosial. Dalam video tersebut, seorang pengunjung mall masuk ke salah satu toko Tous les Jours yang diduga berada di Pacific Place Jakarta.

Sesampainya di depan toko, ia terkejut melihat sebuah papan pengumuman berisikan peraturan bahwa,

pengunjung tidak bisa lagi menuliskan ucapan Natal dan hari raya agama selain Islam pada roti atau kue yang mereka pesan.

Isi peraturan itu kurang lebih:

"Peraturan Penulisan Ucapan Cake" 

Referensi: Sistem Jaminan Halal-Produk-Profil produk tidak boleh menjual sesuatu yang tak sesuai syariat Islam.     

Store ini tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam, seperti;     

1. Ucapan selamat hari besar agama, misalnya; Natal, Imlek, dan lain-lain.     

2. Perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, misal: Valentine, Halloween, dan lain-lain.     

Store ini diperbolehkan menulis di atas cake ucapan, seperti:     

1. Ucapan selamat untuk hari jadi, misalnya pernikahan, promosi jabatan, dan sebagainya.     

2. Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal: I Love You, You're The Best." 


 Video peraturan tersebut sontak menjadi viral setelah dibagikan ulang oleh akun Twitter @GuritnaPramana. Bahkan hingga berita ini dituliskan video tersebut telah dibagikan lebih dari 861 kali dan dibanjiri ratusan komentar netizen. 

Sebelum pihak Tous les Jours Indonesia mengeluarkan klarifikasi, sejumlah netizen nekat meminta pertanggung jawaban di akun resmi Tous les Jours Korea Selatan. 

"Tolong segera selesaikan permasalahan ini. Saya dengar peraturan tersebut tidak hanya di cabang Pacific Place, tapi di sejumlah cabang di Jakarta dan kota-kota besar Indonesia," tulis akun @yu**uscalsen. 

"Coba tolong lebih hati-hati lagi, pegawai kalian menuliskan pesan intoleransi kepada pelanggandi Indonesia," tulis akun @r**odima. 

"Kalian memiliki kebijakan perusahaan yang sangat buruk untuk cabang di Indonesia. Seharusnya kalian malu," tulis akun @jus**ivemea*ieson. 

Beberapa netizen yang tersulut emosi pun mulai membuat kampanye boycott Tous les Jours. 

"Aku akan berhenti membeli semua produk TLJ. Toko kalian di Indonesia sangat rasis dan intoleran. Memalukan," tulis l**anvico. 

"Halo apakah kalian tau salah satu cabang kalian di Indonesia membuat pengumuman yang intoleran dan berbau rasis? Tapi tidak apa-apa kami akan membeli banyak roti di toko roti yang lain," tulis akun andre**andisurya. 

"Bagaimana hal ini bisa terjadi. Toko kalian di Indonesia sangat rasis. Aku tidak akan membeli makanan lagi di toko kalian. Sangat mengecewakan," kata akun l**n.86. 

"Setiap minggu aku membeli kue dan roti di toko kalian. Tapi mulai dari sekarang aku tidak akan membelinya lagi. Kalian tidak menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi," tulis akun ran**oranchi.

OKezone

Subscribe to receive free email updates: