TERUNGKAP Pengajian yang Buat Bomber di Polrestabes Medan dan Istrinya Terjerumus Terorisme


Popnesia.com - Andi Syahputra, mertua dari RMN (24) alias Dedek, terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, terlihat cemas saat bercerita padawww.tribun-medan.com pada Kamis (14/11/2019) di kediamannya.

Pria berkepala plontos ini menceritakan bagaimana proses anaknya bisa terjebak dalam pengajian yang diduga sesat tersebut.

Dengan nada suara sedikit serak, ia mengatakan bahwa anaknya dan menantunya (Dedek) didatangi pengajian aliran yang menyesatkan sejak bulan April 2018.

"Jadi sebulan itu mereka rutin datang sampai bulan Ramadhan kemarin. Pertama yang datang laki-laki berambut gondrong (panjang) dua orang. Saya pikir cuma pengajian biasa ya saya biarin mereka menjalin persahabatan di warung ayam geprek punya anak saya," ujarnya.

Lama kelamaan, sambung Andi, dirinya mulai tidak senang terhadap aktivitas kawan sepengajian Dedek.

"Saya gak senang juga. Kok sering-sering, lama-lama seperti mendoktrin. Tapi saya pun tidak tahu ya kan apa yang dibicarakan. Mulai dari situ, terjadi perubahan sikap terhadap anak saya. Mereka sudah mulai tidak mendengarkan arahan saya sebagai orang tua. Dan mereka sering ikut pengajian ke Belawan sana," ungkapnya.

Melihat aktivitas pengajian di Belawan sana, lanjut Andi yang ditemani sang istri, dirinya pun mencoba mencari tahu kenapa sering ke sana.

"Alasan mereka cuma ngaji. Memang ada pengajian perempuannya dan ada pengajian laki-lakinya. Kalau perubahan yang terlihat, ya yang dulunya anak saya tidak pakai cadar berubah jadi pakai cadar. Lama-lama sikap anak saya berubah," ujarnya.

"Seperti harus lebih patuh terhadap ucapan suaminya. Harus nurut apa kata suami jangan melawan," lanjutnya sembari mengatakan bahwa keterangan ini juga ia sampaikan saat dibawa petugas kepolisian ke Mako Brimob.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Andi Syahputra yang merupakan mertua laki-laki dari terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, pada Rabu (13/11/2019) dibawa petugas kepolisian dari kediamannya, sore hari.

Andi menjalani pemeriksaan sampai dipulangkan, Kamis (14/11/2019) pukul 03.00 WIB.

Lanjut Andi, perubahan anaknya yang jelas terlihat yakni tidak mendengarkan perkataan kedua orangtuanya dan hanya mendengarkan kata-kata suaminya saja.

"Jadi kalau ada kegiatan, dikit-dikit, mereka pigi ke sana. Perkataan kami pun tidak didengar. Warung bulak balik tutup," ujarnya.

Andi pun bercerita bahwa dahulu saat anak dan menantunya buka usaha warung dekat dengan rumahnya, dan dia mengetahui apa penyebab ekonomi pasangan suami istri tersebut terpuruk.

"Warung dibuat di dekat sini, saya sewakan tempat. Sampai akhirnya warung tutup. Ekonomi mereka pun hancur," ucapnya.

Saat ekonominya hancur, menantu dan putrinya pun kerap datang kerumahnya, namun sikapnya sudah berubah, tidak seakrab sebelumnya.

"Gak ada uang datang ke rumah. Mereka datang ke rumah ini. Orang itu sering juga datang tapi tidak masuk ke rumah ini (menantunya). Yang penting saya lihat sehat ya Alhamdulillah. Cuma sikapnya saja berubah. Asal disinggung soal pengajian mereka tidak senang," sambungnya.

Tapi, dikatakan Andi, asal dinasehati. Untuk menyuruh berhenti dari pengajian, keduanya menolak.

"Udah lah saya bilang, enceng (berhenti) dari pengajian itu. Gak usah lagi ikut-ikutan. Karena pengajian itu gila, asik mencari akhirat saja. Kan gak cocok juga," ujarnya.

Saat dinasihati, menantu dan putrinya pun melawan dan memilih pindah dari rumahnya dan mengotrak rumah. "Keduanya mengontrak rumah di Pasar I, Rel," urainya.

Sebelum kejadian, kata Andi, pada malamnya, anaknya menelpon adeknya. Mengatakan kalau menantunya berkeinginan untuk berjualan kerupuk.

"Saya pikir cocok lah. Berarti sudah berubah.Kalau pun kurang modal dalam hati saya, ya akan memberi modal untuk jualan kerupuk. Eh paginya kejadian bom itu," jelasnya sembari mengatakan bahwa ia terakhir melihat Dedek tiga Minggu sebelum kejadian ini.

Dedek dan Da dikabarkan melangsungkan pernikahan Minggu (2/12/2018) lalu.

Hingga kini pasangan suami istri ini belum dikaruniai anak yang hampir memasuki setahun pernikahannya.

"Dari gadis anak saya tidak pernah ikut-ikut begitu. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Keduanya perempuan. Kalau kami tahu nama pengajiannya kami pasti melarang. Kan gak mungkin orangtua menjerumuskan anak," ujar istri Andi dengan mata berkaca-kaca.

Sang istri terlihat tak kuasa menahan tangisnya saat menceritakan kejadian yang dialami anak dan menantunya ini.

Lanjut Andi mengatakan dirinya keberatan bahwa beredar kabar anaknya yang diduga mengajak si Dedek mengikuti pengajian begituan.


       

"Ini berita sekarang kok berbeda-beda bahwa pengeboman terpengaruh dari istri. Di mana menuduh anak saya ada jaringan terhadap bom di Bali. Padahal anak saya mengikut suaminya," ujarnya.

Menurutnya putrinya tidak tahu menahu soal aliran pengajian tersebut, namun anaknya memang pernah menjenguk napi teroris karena dijebak teman pengajiannya.

"Dia tidak tahu menahu sebenarnya. Memang dulu ia (anak saya) pernah dijebak sekali. Karena ada kelompok mereka di penjara. Jadi anak ku ini ditumbalkan untuk menjenguk si tahanan yang sakit di dalam penjara. Anak awak ini kan gak tahu apa-apa. Kelompoknya ini gak berani jenguk antar obat," ujarnya.

Karena pernah menjenguk tahanan teroris, anaknya tersebut pun dituduh sudah jauh terlibat. Padahal menurutnya anaknya adalah anak baru di perkumpulan pengajian tersebut.

"Karena ia anak baru jadi ia ditumbalkan untuk menjenguk. Jadi berita yang beredar sudah berputar-putar. Sementara anak saya sejak bulan April mengikuti itu. Kenapa anak saya yang dituduh mempunyai jaringan itu," katanya.

Andi juga menyampaikan bahwa saat putrinya menjenguk narapidana teroris, tidak pergi sendiri, melainkan ditemani teman pengajiannya.

"Tapi ia melihat (jenguk) tidak sendiri, ada kawannya juga. Tapi dari situlah ia dikaitkan mempunyai jaringan," lanjut Andi dengan nada kesal.

Tidak hanya Andi, sang istri dengan nada suara terisak-isak, mengatakan bahwa dirinya pernah bertanya kepada Da kenapa mau disuruh jenguk begituan di penjara sana.

"Saya tanyak anak saya, kenapa mau. Mereka kan teroris. Dijawab anak saya itu lah Mak disuruh emak-emak di pengajian. Dan anak saya mengaku bahwa yang dijenguknya bukan teroris. Cuma anak awak ini gak tahu jadi ditumbalkan. Itu peristiwa terjadi sekitar tiga bulan lalu," ujarnya.

Selaku orang tua, mereka mengaku sudah mengingatkan dan meminta supaya jangan ikut kelompok tersebut, karena apa yang mereka lakukan sudah tidak benar.

"Kami selaku orang tua sebelumnya sudah mengingatkan juga. Tinggalkan semua itu. Udah tidak benar itu. Tapi anak saya berpikir cuma ikuti perintah suami kalau tidak neraka. Nasehat kami tidak didengarkan. Selalu itu saja alasannya. Ia tidak mendengarkan kami," ucapnya sembari menetes air mata.

Percakapan sang istri pun disambung oleh Andi, ia melanjutkan, bahwa dirinya membaca di mana-mana kenapa jadi anak saya yang tertuduh.

"Hanya karena ia mengantar obat, terus dikaitkan. Dan karena anak saya aktif di sosial media pun kami tidak tahu. Kalau memang ada ya saya tidak tahu bagaimana aktivitas di sosmed. Tadi malam kami ketemu cuma tidak dikasih bicara," ujarnya.

Andi pun sekilas berkisah bahwa dia merasa bersalah tidak mempertanyakan siapa orang-orang yang datang mengajak putri dan menantunya ikut pengajian.

"Kesalahan saya, ketika itu tidak menanyakan siapa mereka dari mana. Karena beranggapan saya ya sudah lah, paling pengajian biasa," kata Andi.

Andi pun menyampaikan bahwa dia juga meminta maaf kepada jemaah yang berada di lingkungannya.

"Subuh tadi, saya jadi imam salat. Warga pun heran kenapa saya lepas. Jadi saya ceritakan semua agar tidak ada cerita di belakang yang tidak enak," ujarnya.

"Saya hanya sebagai orang tua. Nasehat saya tidak didengar ya saya mohon maaf kepada masyarakat kalau memang ada perbuatan meresahkan," lanjutnya.

Andi pun menegaskan tidak pernah menyebutkan nama pengajian apa yang diikuti oleh menantu dan putrinya, dan dia tidak pernah membeberkan seperti apa kelompok pengajian yang mendatangi menantu dan putrinya.

"Gak ada saya sebut jemaah Sal seperti yang diberitakan media lainnya. Itu tidak benar saya menuduh pengajian ini dan itu. Yang jelas anak saya ada didatangi orang dari Belawan. Tapi saya tidak tahu apa nama kelompoknya dan apa pengajiannya," pungkasnya.

Seorang Ibu Rumah Tangga Diamankan

Seorang ibu rumah tangga berinisal SVT diduga terlibat dengan jaringan terorisme.

Wanita yang ditaksir berusia 31 tahun ini diamankan aparat kepolisian (Mabes Polri) dari rumah sewa berwarna hijau di Jalan Gumba, Lingkungan 10, Kelurahan Cengkehturi, Kecamatan Binjai Utara, Kamis (14/11/2019).

Informasi dihimpun, SVT yang berpakaian serba tertutup hingga sebagian wajahnya dibawa sejumlah petugas polisi dan polwan berpakain casual sejak pagi sekitar pukul 10.00 WIB. SVT diboyong oleh empat petugas dikawal petugas lain yang menenteng senjata api.

Pemilik kontrakan, Anim (62) mengaku syok dan nyaris pingsan ketika melihat SVT dibawa petugas. Anim tidak menyangka dan masih belum percaya jika SVT diduga terlibat jaringan teroris.

"Nenek tadi terkejut, sudah mau pingsan. Saya lihat tiba-tiba dia dibawa sama orang ramai kali, ada yang bawa senjata, empat megang dia pas baru turun dari mobil," ungkap Anim dengah raut masih pucat.

Dijelaskan Anim, SVT baru saja menyewa rumah kontrakannya sejak dua bulan silam bersama anak perempuannya yang berusia sekitar lima tahun, dan belum sekolah. Saat mengontrak SVT dikenalnya sosok pendiam, berperilaku sopan dan jarang keluar rumah

"Baru dua bulan, orangnya gak banyak omong, sekedar aja, dia pun jarang nampak wajahnya pakai cadar. Orangnya cantik, kecil-kecil, orang suku Jawa juga kayak nenek, itu pun cuma sekali lihat wajahnya. Dia sama anaknya tinggal di sini, paling ada datang abangnya kemari antar anaknya sekolah ngaji," jelasnya.

Lanjut Anim, SVT sempat bercerita bahwa tidak akan menyewa dalam waktu lama hingga menahun. Selama di Binjai, SVT sedang menunggu kepulangan suaminya dari Malaysia, dan akan berpindah ke Kisaran.

"Dulu katanya suaminya di Malaysia, terus dia bilamg gak lama, kalau suami pulang dia mau pulang ke kampungnya di Kisaran," katanya.

Warg lainnya, Sumi mengaku beberapa kali kerap bercerita dengan SVT setiap berbelanja di kedai. Kata Sumi, SVT sudah tiga kali bersuami, dan memiliki tiga anak dari suami pertamanya yang sudah bercerai.

"Sering beberapa kali cerita-cerita dia, sudah tig kali menikah. Pertama anaknya ada tiga, kedua kayakny nikah sirih gitu, ketiga yang ini lah masih lajang di Malaysia. Katannya suaminya ymg ketiga pun ditangkap juga gak tahu kasus apa. Mungkin itu lah dia mau nunggu pulang dia tinggal di sini," pungkasnya.

Camat Binjai Utara, Adri Rivanto dikonfirmasi membenarkan ada warga yang tinggal di daerahnya telah dibawa polisi yang disebut-sebut dari Densus 88 Polri.

Namun, saat itu Adri Rivanto sedang ada tugas di luar sehingg tidak bisa mendampingi.

"Enggak ikut saya. Dari Mabes Polri manggil Kepling kemudian lapor ke Saya. Kurang tahu berapa orang, cuma tadi terduga terorisnya perempuan. Ya ngontrak di Binjai," katanya.

Tribun Medan


Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "TERUNGKAP Pengajian yang Buat Bomber di Polrestabes Medan dan Istrinya Terjerumus Terorisme"

  1. KLIK DI SINI >>> AGENS128
    Haloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
    Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
    Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap
    dan terbesar di ASIA , yaitu di AGENS128 nomor satu loooh Guys di
    ASIA . BONUS nya banyak banget dan Permainan nya lengkap banget loh guyss

    AGENS128 , merupakan Situs Agen Judi Terbaik dan Terpercaya dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja sudah bisa bermain permainan yang ada. Deposit Pulsa juga bisa lo guys....! Dan dapat kan Bonus Cashback 5% dan refferal 2%. Tunggu Apalagi Join Now!!!

    Layanan 24Jam Operator yang siap melayani anda.
    Kami Juga Menyediakan Berbagai Jenis Permainan Bossku :
    » SABUNG AYAM LIVE (Filipina Vietnam) [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » JOKERTANGKAS
    » TANGKAS 88
    » ANA POKER
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT
    » SLOT
    Dan masih banyak lagi permainan lainnya :)

    Jadi tunggu apalagi, Yang belum gabung,,,,, Langsung Gabung saja di AGENS128, dan ajak teman-teman kamu semua buat gabung disini ya :)

    "JANGAN LUPA" Kunjungi SITUS dibawah ini Guys !!!
    Sabung Ayam Online
    link alternatif sbobet
    icetuna
    sabung ayam online
    poker deposit pulsa
    deposit pulsa poker
    deposit pulsa
    login sabung ayam s128
    login Sabung Ayam
    sabung ayam s128
    link sbobet
    Main Slot Online
    link sbobet
    s1288
    Sabung Ayam Online
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    Whatsapp : 0852-2255-5128
    Line : agens1288
    Telegram : AgenS128
    https://www.linktr.ee/s128agen

    Ayo tunggu apalagi !!! Aman dan Terpercaya !!!

    BalasHapus
  2. POKER ONLINE Pakai Pulsa

    BISA BAYAR PAKAI PULSA TELKOMSEL XL & AXIS
    YANG GAME DARI KAMI YANG TERLENGKAP
    MULAI DARI |POKER | CEME | DOMINO99 | OMAHA | SUPER10 |


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
    > Minimal Deposit : 10.000 > Minimal Withdraw : 20.000
    > Bonus RAKEBACK Tiap Minggu > Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    > Support Semua Bank Lokal di Indonesia

    Bayar Pakai OVO
    Bayar Pakai Gopay
    Bayar Pakai Pulsa

    WhastApp : 0812-2222-1680
    WWWPOKERAYAMUS

    BalasHapus
  3. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus
  4. Butuh penghasilan lebih? yuk bergabung bersama kami di Anapoker dan Agens128
    minimal deposit hanya 10rb dan proses yang kurang dari 3 menit!
    Kalian bisa juga melakukan transaksi deposit via pulsa loh
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami dan nikmati promo menariknya !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus
  5. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus
  6. INDIPOKER.com merupakan Situs resmi Agen ceme Online Dan Judi IDN POKER 88 untuk Berbagai Permainan Kartu Populer Indonesia, Seperti Judi Ceme Keliling,Capsa Susun, DominoQQ, BandarQ, Ceme 99, Live Poker Online.
    Indipoker juga menyediakan Bonus seperti :
    - Bonus Member Baru 10% ( Minimal Deposit 50ribu )
    - Bonus Rollingan TrunOver Mingguan
    - Bonus Cashback Bulanan
    - Bonus Refferal 15% Seumur Hidup

    Agen Ceme Online
    Bandar Ceme Online
    Agen IDN Poker

    BalasHapus
  7. POKERNET88.co Merupakan Agen Poker Online Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia,Bandar DominoQQ dan situs Judi IDN Poker 88 yang menyediakan berbagai Game Judi Online Kartu seperti Texas Holdem Poker,Domino Qiuqiu,Gaple,Ceme Keliling,Omaha,Super 10,Dadu Online dan berbagai game Casino online.
    Bonus Member Baru 10% ( Minimal Deposit 50ribu )
    - Bonus Rollingan TrunOver Mingguan
    - Bonus Cashback Bulanan
    - Event High Trunover Bulanan
    - Bonus Refferal 15% Seumur Hidup

    Agen Poker Online
    Agen Poker IDN
    Agen Poker Indonesia

    BalasHapus
  8. Selamat datang di lagapoker.net (100% player vs player -NO BOT-) LagaPoker Menyediakan Bonus sebagai berikut :
    * Bonus New Member 30% ( 20% Diberikan di awal deposit , Dan Sisa 10% Di Claim Di Saat Mencapai Turnover X8 )
    * Bonus Next Deposit 10% * Bonus Turnover up to 0.3% - 0.5% setiap minggu
    * Bonus Referral 10% setiap minggu

    Agen Poker Online
    Agen Poker Resmi
    Judi Poker Indonesia

    BalasHapus