Tak Hanya Bintang Satu, di Google TOUS Les JOURS Berubah Jadi 'Kadrun' Hingga 'RASIS'


Popnesia.com - Toko roti TOUS les JOURS tengah menjadi sorotan lantaran beredar kabar yang heboh di media sosial terkait larangan menuliskan ucapan di kue yang dinilai bertentangan dengan syariat Islam. 

Larangan tersebut tertulis dan tertempel di salah satu toko TOUS les JOURS di cabang Pacific Place yang kemudian diabadikan oleh seseorang yang pada akhirnya menjadi viral di medsos. 

Dalam foto tersebut sang toko tidak boleh menulis ucapan atau sesuatu yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama selain Islam. Diduga larangan itu dilakukan untuk sertifikasi halal. 

Berikut pernyataannya: store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti ucapan Selamat hari besar agama (Natal, Imlek, dll), kedua perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, seperti ucapan Valentine, haloween maupun lainnya. 

Lalu statement berikutnya, store tidak diperbolehkan menulis di atas cake ucapan seperti, ucapan selamat untuk hari seperti pernikahan, promosi jabatan, dll. Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal, I Love U, you're the best. 

Masyarakat yang mengetahui terkait larangan itu banyak yang mengecam bahkan merasa kesal. Kekesalan tersebut terlihat dari komentar masyarakat di Google Review. Beberapa dari netizen hanya memberikan satu bintang dan kritik yang sarkastis. 

"Trash cake, never gonna buy it again it taste racist," kata salah satu netizen. "TLJ, can i buy your Christmas hampers? Please give the expensive one," kata netizen lain. 


Nama Tous Les Jours pun sempat diubah-ubah netizen ketika dicari lewat Google. 

Selain diserang oleh netizen, nyatanya website TOUS les JOURS juga diserang hacker. Berdasarkan pantauan Akurat.co, terlihat dalam pencarian laman google nama TOUS les JOURS untuk cabang pacific place sempat berubah nama menjadi Cadar Gurun Bakery (TLJ). 

Akan tetapi, tak selang beberapa lama nama itu pun telah berubah menjadi Tous Les Jours Kadal Gurun pada Sabtu (23/11/2019). 

Bahkan ada yang mengubah nama toko TOUS Les JOURS di cabang-cabang lain juga. Seperti di cabang Kota Kasablanka menjadi Tous Les Jours Kota Kasablanka Kadrun. Kemudian di cabang Central Park menjadi Kadrun Camel Store. 




Selanjutnya di Cabang Kota Bandung pun tak luput dari serangan hacker. Nama Tous Les Jours diubah menjadi TOUS Les JOURS BEC SARA&RASIS.  

Akurat

Subscribe to receive free email updates: