Kabar Buruk Peltu Yunus Suami Fita Sulistyowati yang Nyinyir ke Menko Polhukam Wiranto Usai Dicopot


Popnesia.com - Kabar buruk terbaru Peltu Yunus suami Fita Sulistyowati yang nyinyir ke Menko Polhukam Wiranto, tak hanya dicopot. 

Hukuman prajurit TNI AU yang istrinya nyinyir kepada Menko Polhukam Wiranto, Peltu YNS atu Peltu Yunus diperberat. 

Dia tak hanya dicopot dari jabatannya. 

Anggota TNI AU, Peltu Yunus jalani sidang disiplin militer secara tertutup. 

Sidang dilaksanakan di Gedung Hercules, Mako Lama Lanud Muljono TNI AU, Surabaya yang berada di Jalan Raya Juanda, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. 

Sidang mulai digelar sekitar pukul 08.15 WIB, Selasa (15/10/2019) dan berlangsung selama 1 jam. 

Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Muljono Kolonel Pnb Budi Ramelan sebagai hakim disiplin. 

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Muljono, Mayor Sus Prasetyo mengatakan Peltu Yunus terkena dua pasal di dalam UU No 25/2014 Tentang Hukum Disiplin Militer. 

"Yaitu pasal 8 huruf a dan pasal 17 huruf a. Dimana Peltu Yunus sendiri dikenai sanksi administratif maupun hukum disiplin," ujarnya kepada Tribun Jatim, Selasa (15/10/2019). 

Ia menjelaskan untuk sanksi administratif yaitu penundaan untuk mengikuti pendidikan pembentukan perwira selama 1 gelombang dan penundaan kenaikan pangkat selama 2 periode. 

"Sedangkan untuk hukum disiplin yaitu penahanan selama 5 hari. Dikarenakan Peltu Yunus melakukan perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan atau perbuatan yang tidak sesuai dengan tata tertib militer," kata Mayor Sus Prasetyo. 

Peltu Yunus terhitung mulai, Selasa (15/10/2019), ditahan di Ruang Tahanan Militer Satpom AU Lanud Muljono. 

"Pangkat Peltu Yunus yang sebelumnya bintara penyidik juga telah dicopot sejak, Jumat (11/10/2019) dan saat ini pangkatnya bintara satuan POM TNI AU Lanud Muljono. Pangkatnya semula dapat dikembalikan lagi setelah dilakukan penilaian dan evaluasi selama enam bulan," kata Mayor Sus Prasetyo. 

Selama dalam pemeriksaan, kata Mayor Sus Prasetyo, Peltu Yunus bersikap kooperatif dan jujur. 

"Dalam pemeriksaan, Peltu Yunus sudah memberitahu istrinya agar bersikap netral dalam hal urusan politik dan dilarang berkomentar termasuk di media sosial yang dapat berdampak pendiskreditan pemerintah maupun simbol - simbol negara. Namun pada saat kejadian, istrinya luput dari pengawasannya dan mem-posting hal tersebut di media sosial," katanya menandaskan. 

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis (10/10/2019) siang, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Wiranto ditusuk oleh Abu Rara saat baru turun dari mobil di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten. 

Jenderal purnawirawan Wiranto ditusuk usai menghadiri sebuah acara di Universitas Mathla'ul Anwar, ia berencana akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan helikopter. 

Peristiwa penusukan yang dialami Menko Polhukam Wiranto pun ramai di media sosial, menanggapi kabar penyerangan terhadap pejabat negara yang sudah eksis sejak jaman kepemimpinan Presiden Soeharto ini, masyarakat banyak yang tidak bersimpati, bahkan menyebutnya sebagai kejadian yang direkayasa. 

Salah satunya disampaikan oleh akun @Nazar81019243 di Twitter. 

“Enggak percaya. Di situ ada TNI dan orang-orang dekat Pak Wiranto, kok kayak tidak ada reaksi terhadap pelaku,” tulisnya. 

Tak hanya dari masyarakat kalangan biasa, tiga istri anggota Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) pun mengunggah konten negatif terkait penusukan terhadap Wiranto. 

Akibatnya, 3 personel TNI tersebut mendapat saksi hukum dan dicopot dari jabatannya. 

Ketiga istri TNI dinilai berujar secara tidak pantas di media sosial, terkait kasus penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. 

Tak hanya itu, ketiga istri anggota TNI itu pun dilaporkan ke polisi karena dianggap melanggar UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. 

1. Tak hanya dicopot, tapi juga ditahan 

Tiga personel Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) mendapat saksi hukum dan dicopot dari jabatannya. 

Ketiganya diberikan sanksi dan hukuman disiplin, lantaran ulah istri mereka yang mengunggah konten bernada negatif di media sosial. 

Istri ketiganya dinilai berujar secara tidak pantas di media sosial, terkait kasus penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. 

Ketiga anggota TNI tersebut adalah Peltu YNS, anggota POMAU Lanud Muljono Surabaya, Komandan Distrik Militer Kendari, Kolonel Hendi Suhendi dan Sersan Dua Z. 

Untuk Kolonel Hendi Suhendi dan Serda Z, Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan, para anggota TNI tersebut mendapatkan sanksi atas ulah istri-istri mereka. 

"Proses administrasi ( hukuman terhadap Kolonel Hendi Suhendi dan Serda Z ) sudah saya tanda tangani. Tetapi besok akan dilepaskan oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Hasanuddin di Makassar karena masuk ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara," ujar Jenderal TNI Andika Perkasa di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (11/10/2019), sebagaimana dikutip dari Antara.  

Keduanya dicopot dari jabatannya ditambah penahanan 14 hari. 

Khusus Kolonel Hendi Suhendi, diketahui dicopot dari jabatannya selaku Dandim Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Sementara, Sersan Z sebelumnya bertugas di Detasemen Kavaleri Berkuda di Bandung, Jawa Barat. 

Menurut Jenderal TNI Andika Perkasa, pencopotan kedua prajurit TNI tersebut telah disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer. 

Sementara itu, Peltu YNS, seorang anggota Polisi Militer (POM) Angkatan Udara Lanud Muljono Surabaya, mendapat peringatan keras, dicopot dari jabatannya, dan ditahan. 

Penyebabnya, Fita Sulistyowati, yang merupakan istri Peltu YNS, mem-posting pesan bernada hujatan di media sosial kepada Menko Polhukam Wiranto. 

2. Dilaporkan ke polisi 

Akibat unggahan ketiga istri anggota tersebut, yaitu Fita Sulistyowati, IPDL, dan LZ, juga dilaporkan ke kepolisian karena dianggap melanggar UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE. 

Selain itu, istri Peltu YNS yaitu Fita Sulistyowati, dilaporkan ke Polres Sidoarjo. 

Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, unggahan istri Kolonel HS berinisial IPDL, dan Sersan Dua Z berinisial LZ, dinilai tak pantas. 

Apalagi, keduanya adalah istri dari seorang prajurit TNI. Selain itu, pihak TNI juga melaporkan para istri prajurit TNI tersebut ke kepolisian terkait pelanggaran UU ITE. 

"Dua individu ini kami duga melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Akan kami dorong prosesnya ke peradilan umum," ujar Jenderal TNI Andika Perkasa. 

3. Penjelasan TNI AU 

Situs resmi TNI AU di tni.au.mil.id menjelaskan, posting-an Fita Sulistyowati, istri Peltu YNS, yang berisi doa tak pantas untuk Wiranto, dianggap melanggar peraturan Keluarga Besar Tentara (KBT). 

"Dalam urusan politik, posisi prajurit TNI AU dan keluarganya (KBT/Keluarga Besar Tentara) sudah jelas, netral. Oleh karena itu, KBT dilarang berkomentar, termasuk di media sosial yang berdampak pendiskreditan pemerintah maupun simbol-simbol negara," demikian situs TNI AU memberikan argumen. 

Dalam rilis tersebut juga dijelaskan, KBT yang kedapatan melanggar akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku. 

Selain itu, TNI AU menganggap posting-an FS juga dianggap menyebarkan opini negatif terhadap pemerintah dan simbol negara, dengan cara mengunggah komentar yang mengandung fitnah, tidak sopan, dan penuh kebencian. 

"Akhirnya yang bersangkutan dan suaminya dikenai sanksi," demikian dalam siaran pers TNI AU. 

4. Sikap keluarga personel TNI akan menjatuhkan kehormatan sang prajurit militer 

Komandan Kodim 1417/ Kendari Kolonel Kav Hendi Suhendi dicopot dari jabatannya oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat. 

Pencopotan Kolonel Hendi Suhendi dari jabatannya tersebut lantaran sang istri yang berinisial IPDL, mengunggah konten negatif di akun media sosial. 

Konten tersebut terkait dengan peristiwa penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). 

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XIV/Hasanuddin Letnan Kolonel Maskun Nafik menjelaskan alasannya. 

Menurut Maskun Nafik, sikap atau pernyataan seorang istri perwira atau personel TNI bisa berimplikasi menjadi gangguan atau polemik di dalam kondisi sosial masyarakat. 

Pada akhirnya, menurut Maskun Nafik, sikap keluarga personel TNI itu akan menjatuhkan kehormatan sang prajurit militer. 

"Akhirnya, martabat militernya menjadi terganggu atau boleh dikatakan kehormatan militernya jatuh. Ibaratnya seperti itu," ujar Maskun Nafik saat diwawancarai, Sabtu (12/10/2019). 

5. Terima apa pun keputusan 

Komandan Kodim 1417/ Kendari Kolonel Kav Hendi Suhendi resmi dicopot dari jabatannya. Pencopotan dilakukan melalui serah terima jabatan yang dipimpin oleh Komandan Korem 143/Ho Kendari Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto di Aula Sudirman Markas Komando Resor Militer Kendari, Sabtu (12/10/2019). 

Jabatan sebagai Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari kemudian diserahkan kepada Kolonel Inf Alamsyah. 

Seusai acara, Kolonel Hendi Suhendi menyampaikan bahwa dia menerima apa pun keputusan pimpinan yang telah dikeluarkan terhadapnya. 

Kolonel Hendi Suhendi siap menjalankan hukuman yang dijatuhkan kepadanya. 

"Saya terima, jadikan pelajaran, saya terima salah. Apa pun keputusan dari pimpinan saya terima, dan memang itu mungkin pelajaran bagi kita semua," ujar Kolonel Hendi Suhendi kepada sejumlah wartawan seusai sertijab di Aula Sudirman Makorem Kendari, Sabtu siang. 

"Ambil hikmah buat kita semua," kata Kolonel Hendi Suhendi. 

Pencopotan Dandim Kendari itu buntut dari unggahan istrinya di media sosial Facebook.(*) 

Tribun timur

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Kabar Buruk Peltu Yunus Suami Fita Sulistyowati yang Nyinyir ke Menko Polhukam Wiranto Usai Dicopot"

  1. = = BONUS HARIAN DEPOSIT= =

    BISA BAYAR PAKAI PULSA TELKOMSEL XL & AXIS
    YANG GAME DARI KAMI YANG TERLENGKAP
    MULAI DARI |POKER | CEME | DOMINO99 | OMAHA | SUPER10 |


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
    > Minimal Deposit : 10.000 > Minimal Withdraw : 20.000
    > Bonus RAKEBACK Tiap Minggu > Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    > Support Semua Bank Lokal di Indonesia


    Bayar Pakai OVO
    Bayar Pakai Gopay
    Bayar Pakai Pulsa

    WhastApp : 0812-2222-1680
    WWWPOKERAYAMUS

    BalasHapus
  2. KLIK DI SINI >>> AGENS128
    Haloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
    Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
    Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap
    dan terbesar di ASIA , yaitu di AGENS128 nomor satu loooh Guys di
    ASIA . BONUS nya banyak banget dan Permainan nya lengkap banget loh guyss

    AGENS128 , merupakan Situs Agen Judi Terbaik dan Terpercaya dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja sudah bisa bermain permainan yang ada. Deposit Pulsa juga bisa lo guys....! Dan dapat kan Bonus Cashback 5% dan refferal 2%. Tunggu Apalagi Join Now!!!

    Layanan 24Jam Operator yang siap melayani anda.
    Kami Juga Menyediakan Berbagai Jenis Permainan Bossku :
    » SABUNG AYAM LIVE (Filipina Vietnam) [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » JOKERTANGKAS
    » TANGKAS 88
    » ANA POKER
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT
    » SLOT
    Dan masih banyak lagi permainan lainnya :)

    Jadi tunggu apalagi, Yang belum gabung,,,,, Langsung Gabung saja di AGENS128, dan ajak teman-teman kamu semua buat gabung disini ya :)

    "JANGAN LUPA" Kunjungi SITUS dibawah ini Guys !!!
    Sabung Ayam Online
    link alternatif sbobet
    icetuna
    sabung ayam online
    poker deposit pulsa
    deposit pulsa poker
    deposit pulsa
    login sabung ayam s128
    login Sabung Ayam
    sabung ayam s128
    link sbobet
    Main Slot Online
    link sbobet
    s1288
    Sabung Ayam Online
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    Whatsapp : 0852-2255-5128
    Line : agens1288
    Telegram : AgenS128
    https://www.linktr.ee/s128agen

    Ayo tunggu apalagi !!! Aman dan Terpercaya !!!

    BalasHapus
  3. KLIK DI SINI >>> AGENS128
    Haloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
    Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
    Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap
    dan terbesar di ASIA , yaitu di AGENS128 nomor satu loooh Guys di
    ASIA . BONUS nya banyak banget dan Permainan nya lengkap banget loh guyss

    AGENS128 , merupakan Situs Agen Judi Terbaik dan Terpercaya dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja sudah bisa bermain permainan yang ada. Deposit Pulsa juga bisa lo guys....! Dan dapat kan Bonus Cashback 5% dan refferal 2%. Tunggu Apalagi Join Now!!!

    Layanan 24Jam Operator yang siap melayani anda.
    Kami Juga Menyediakan Berbagai Jenis Permainan Bossku :
    » SABUNG AYAM LIVE (Filipina Vietnam) [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » JOKERTANGKAS
    » TANGKAS 88
    » ANA POKER
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT
    » SLOT
    Dan masih banyak lagi permainan lainnya :)

    Jadi tunggu apalagi, Yang belum gabung,,,,, Langsung Gabung saja di AGENS128, dan ajak teman-teman kamu semua buat gabung disini ya :)

    "JANGAN LUPA" Kunjungi SITUS dibawah ini Guys !!!
    Sabung Ayam Online
    link alternatif sbobet
    icetuna
    sabung ayam online
    poker deposit pulsa
    deposit pulsa poker
    deposit pulsa
    login sabung ayam s128
    login Sabung Ayam
    sabung ayam s128
    link sbobet
    Main Slot Online
    link sbobet
    s1288
    Sabung Ayam Online
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    Whatsapp : 0852-2255-5128
    Line : agens1288
    Telegram : AgenS128
    https://www.linktr.ee/s128agen

    Ayo tunggu apalagi !!! Aman dan Terpercaya !!!

    BalasHapus
  4. KLIK DI SINI >>> AGENS128
    Haloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
    Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
    Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap
    dan terbesar di ASIA , yaitu di AGENS128 nomor satu loooh Guys di
    ASIA . BONUS nya banyak banget dan Permainan nya lengkap banget loh guyss

    AGENS128 , merupakan Situs Agen Judi Terbaik dan Terpercaya dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja sudah bisa bermain permainan yang ada. Deposit Pulsa juga bisa lo guys....! Dan dapat kan Bonus Cashback 5% dan refferal 2%. Tunggu Apalagi Join Now!!!

    Layanan 24Jam Operator yang siap melayani anda.
    Kami Juga Menyediakan Berbagai Jenis Permainan Bossku :
    » SABUNG AYAM LIVE (Filipina Vietnam) [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » JOKERTANGKAS
    » TANGKAS 88
    » ANA POKER
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT
    » SLOT
    Dan masih banyak lagi permainan lainnya :)

    Jadi tunggu apalagi, Yang belum gabung,,,,, Langsung Gabung saja di AGENS128, dan ajak teman-teman kamu semua buat gabung disini ya :)

    "JANGAN LUPA" Kunjungi SITUS dibawah ini Guys !!!
    Sabung Ayam Online
    link alternatif sbobet
    icetuna
    sabung ayam online
    poker deposit pulsa
    deposit pulsa poker
    deposit pulsa
    login sabung ayam s128
    login Sabung Ayam
    sabung ayam s128
    link sbobet
    Main Slot Online
    link sbobet
    s1288
    Sabung Ayam Online
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    Whatsapp : 0852-2255-5128
    Line : agens1288
    Telegram : AgenS128
    https://www.linktr.ee/s128agen

    Ayo tunggu apalagi !!! Aman dan Terpercaya !!!

    BalasHapus
  5. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus
  6. Butuh penghasilan lebih? yuk bergabung bersama kami di Anapoker dan Agens128
    minimal deposit hanya 10rb dan proses yang kurang dari 3 menit!
    Kalian bisa juga melakukan transaksi deposit via pulsa loh
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami dan nikmati promo menariknya !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus
  7. Dapatkan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah di agens128 dan juga Anapoker
    banyak promo menarik dan menguntungkan disini :)
    Salah satunya promo menyambut ramadhan dengan bonus besar
    dengan minimal deposit dan proses cepat paling lama 3 menit
    ada bonus cashbacksetiap hari jumat setiap minggunya
    tunggu apa lagi join sekarang juga :)

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus