Pelantikan DPRD DKI, Kader PSI Disoraki `Huuuu`

Popnesia.com - Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta baru dari hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dilantik pada Senin (26/8/2019).

Pelantikan dilakukan oleh wakil ketua Pengadilan Tinggi yang juga merupakan Plt Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Syahrial Sidik di ruang rapat paripurna DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Sebelum saya lantik, saya terlebih dulu ingin bertanya; apakah saudara-saudara dan saudari-saudari sekalian bersedia mengucapkan sumpah dan janji?" tanyanya kepada 160 anggota Dewan periode 2019-2024 yang berdiri berjejer di hadapannya.

"Bersedia...!" jawab para wakil rakyat itu seperti dilansir DekanNews.com, Senin (26/8/2019).
Pengucapan sumpah dan janji pun dilakukan dimana setiap kata yang diucapkan Syahrial, diikuti oleh anggota Dewan dengan serentak.

"Saya berjanji akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai aturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasika dan UUD 1945," ucap Syahrial, dan diikuti anggota Dewan.

Prosesi ini hanya berjalan sekitar 15 menit, dan dilanjut dengan penandatanganan berita acara yang secara simbolis dilakukan oleh empat anggota Dewan yang mewakili empat agama yang mereka anut, yakni Islam, Kristen Protestan, Katolik dan Budha.

Penandatanganan berita acara untuk anggota Dewan yang beragama Islam diwakili Umi Kulsum dari PKS, sementara dari Protestan diwakili Pandapotan Sinaga (PDIP), Katolik diwakili Inggard Joshua (Gerindra) dan Budha diwakili Gani Suwondo (PDIP).

Pejabat sekretariat DPRD DKI Jakarta, Heru Wiyanto menyampaikan, berdasarkan SK Mendagri Nomor 161.31-3766/2019 23/8nTahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD DKI 2019-2024, serta berdasarkan pasal 34 ayat (2) PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib DPRD dan lain-lain, an UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, berhubung anggota DPRD baru dilantik dan belum memiliki pimpinan, maka dapat diangkat pimpinan DPRD sementara.

"Berdasarkan pasal 34 ayat (2) PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib DPRD dan UU Nomor 23 Tahun 2014, pimpinan DPRD sementara beraaal dari Parpol dengan perolehan kursi terbanyak pertama dan kedua," katanya.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, partai dengan perolehan kursi terbanyak adalah PDIP (25 kursi)  dan Gerindra (19 kursi).

Heru menjelaskan, berdasarkan surat DPD PDIP DKI Jakarta, Pantas Nainggolan ditetapkan sebagai ketua DPRD sementara, sementara berdasarkan surat DPD Gerindra DKI Jakarta, Syarif ditetapkan sebagai wakil ketua DPRD DKI sementara.

Prosesi pelantikan ini berjalan lancar dan dihadiri ratusan keluarga anggota Dewan yang dilantik,  konstituen serta pengurus partai yang kadernya lolos ke Senayan, seperti PDIP, Gerindra, PKS, Golkar, Nasdem dan lain-lain, sehingga ruang paripurna DPRD DKI tak mampu menampung mereka.
Saat nama-nama anggota Dewan yang dilantik disebut Heru agar maju ke depan ruang sidang tempat mereka dilantik, ruangan bergemuruh oleh tepuk tangan dan teriakan-teriakan mendukung si anggota Dewan.

Huuuu

Namun saat anggota Dewan dari PSI dipanggili, sempat terdengar teriakan mencemooh "Huuuu...!" dan kemudian sepi, tak ada tepuk tangan bergemuruh atau teriakan mendukung si anggota Dewan.
Ruang sidang bergemuruh saat anggota DPRD dari PDIP, Gerindra, Nasdem, PKS dan Gokar dipanggil.
(law justice

Subscribe to receive free email updates: