Berstatus Terdakwa dan Tahanan Kota Kab Batubara, Begini "Siasat" Rahmadsyah Supaya Lolos Ke Jakarta dan Jadi Saksi Prabowo di MK


Popnesia.com - Seorang saksi yang didatangkan tim hukum Prabowo-Sandi, Rahmadsyah Sitompul, menyandang status terdakwa di kasus UU ITE terkait Pilkada Batubara, Sumatera Utara. Pria dari Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, itu kini berstatus sebagai tahanan kota.

Status tersebut terungkap saat tim hukum 01, Teguh Samudera, menanyai Rahmad saat sidang lanjutan sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi. Pertanyaan itu muncul lantaran tahanan kota seharusnya tak bisa keluar dari wilayah hukum.

"Saudara dalam status tahanan kota, yang memberikan siapa?" tanya Teguh di MK, Kamis (20/9).

"Kejaksaan," jawab Rahmad.

Teguh kemudian mempertanyakan apakah Rahmad mengantongi izin untuk keluar kota. Dan ternyata, Rahmad tak memiliki izin untuk keluar kota dari kejaksaan.

Rahmad mengaku hanya membuat surat pemberitahuan ke kejaksaan. Hakim MK I Dewa Gede Palguna kemudian ikut menanyakan status izin Rahmad.

"Izin itu enggak ada? Cuma pemberitahuan saja?" sahut hakim Gede Palguna.

Rahmad kemudian menjawab pemberitahuan yang dilayangkan ke kejaksaan bukan ingin menjadi saksi sidang. Akan tetapi, ia membuat pemberitahuan menemani orang tua sakit.

"Iya. Saya berangkat ke Jakarta menemani orang tua saya yang sakit," ujar Rahmad.

Rahmad mengaku ke Jakarta datang ditemani kuasa hukumnya.

Teguh kemudian memastikan atas dorongan apa Rahmad datang ke Jakarta bersaksi. Rahmad menjawab atas inisiatif pribadi.

"Inisiatif sendiri,"ujar Rahmad.Kumparan

Subscribe to receive free email updates: