Ali Ngabalin Titip Pesan untuk Kivlan Zen melalui Kuasa Hukum: Di KMP, Dulu Kami Gebrak-gebrak Meja

Popnesia.com - Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin memberikan nasehat kepada mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen TNI (Purn), Kivlan Zen.

Hal ini diungkapkan Ngabalin saat menjadi narasumber dalam tayangan Apa Kabar Indonesia Pagi, dikutip dari YouTube Talk Show tvOne, Kamis (13/6/2019).

Diketahui saat ini Kivlan sedang terjerat sejumlah kasus di antaranya kasus makar, kepemilikan senjata ilegal hingga tudingan menjadi pemberi perintah untuk membunuh kepada empat tokoh nasional.

Ngabalin lantas memberikan nasehat untuk mengikuti hukum pidana apabila bersalah.

"Kalau abang melakukan kesalahan, tindak pidana, di situ, harus diproses dihukum. Bilanglah sama Bang Kivlan begitu," ujar Ngabalin kepada Kuasa Hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta Singarimbun yang juga turut menjadi narasumber.

"Tapi kalau dipelintir bagaimana?" tanya pembawa acara.

Ngabalin lantas menjelaskan bahwa rakyat bisa menilai dan melihat fakta yang disuguhkan oleh polisi.

"Maksud saya, mau pelintir mau apa nanti penentuan orang bersalah itu di Mahkamah, hari ini kita boleh melakukan pembelaan. Tapi kan, rakyat Indonesia mengerti semua yang dilakukan Bang Kivlan, kemudian apa yang diteliti oleh polisi, itu saja, semua nanti terbukti," ujarnya.

"Hati-hati terhadap fakta dan opini, masyarakat kita itu tidak semua orang pintar. Karena itu perlu tabayyun (mencari fakta)."

Ia lantas mengaku mengenal Kivlan.

"Abang Kivlan itu dulu Abang kami, saya itu dulu di KMP (Koalisi Merah Putih) sama Bang Kivlan itu, dulu kami gebrak-gebrak meja, jadi saya juga mengerti Bang Kivlan, gitu Ton, kasih tau sama Bang Kivlan, salamku cintaku sama Bang Kivlan," jelas Ngabalain.

Dilanjutkannya, menurut Ngabalin polisi tidak mungkin melakukan tindakan gegabah karena polisi telah menjadi alat negara.

"Saya mau bilang kepada publik tanah air, insha Allah polisi tidak perlu gegebah. Saya punya keyakinan bahwa seperti tadi, polisi tidak akan berdealing dengan siapapun, karena adalah alat negara tidak menjadi milik orang perorangan."

Livat videonya di menit ke 16.32




Sementara itu, bantahan terkait kliennya bersalah juga terus diungkapkan oleh Tonin, kuasa hukum Kivlan.

Tak hanya tentang tuduhan Kivlan Zen menjadi dalang rencana pembunuhan, tetapi terkait tuduhan makar dan juga kepemilikan senjata ilegal.

"Pak Kivlan intinya tidak melakukan apapun yang dibicarakan di publik," ujar Tonin.

"Semua tidak ada, itu semua adalah rekayasa, nah dibuat-buat ceritanya, itu sebenarnya dengan Iwan begini ceritanya, si sopir begini, Tajudin begini, itu yang dia tahu, tiba-tiba ada yang membuat cerita lagi," ungkapnya.

"Nah dari 2018 Oktober dibuat ceritanya, lalu ketemu ada segala macam bulan dua (Febuari) uang untuk ini dibuat untuk ini, biar Tuhan lah yang bantu Pak Kivlan lah."

Kuasa hukum mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen TNI (Purn) ini pun mengaku tak pernah menemukan tuduhan seperti ini.

"Jadi berarti kami pengacara perlu belajar lagi sekarang, bahwa sekarang ilmunya sudah begini rupanya, kami di sekolah hukum belajar jadi pengacara enggak ada yang begini," ujarnya.

Lihat videonya di menit ke 3.35:



Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, Kamis (13/6/2019) Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan bahwa Polri tidak pernah menyebut bahwa Kivlan Zen adalah dalang aksi kerusuhan Mei 22 2019.

"Tolong dikoreksi bahwa dari Polri tidak pernah mengatakan dalang kerusuhan itu adalah Bapak Kivlan Zen. Enggak pernah," ujar Tito Karnavian di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

"Yang disampaikan saat press release di Kemenko Polhukam adalah kronologi peristiwa 21-22 Mei di mana ada dua segmen yakni aksi damai dan aksi yang sengaja untuk melakukan kerusuhan," imbuhnya.

Ali Ngabalin Jawab Siapa yang Ia dan Moeldoko Curigai Jadi Dalang Kerusuhan 22 Mei

Diberitakan sebelumnya, Ali Muchtar Ngabalin tampak tertawa saat pembawa acara tvOne menanyakan soal nama tokoh yang ia dan 'bos'-nya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang dicurigai menjadi dalang kerusuhan di aksi 21-22 Mei.

Hal tersebut seperti tampak dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi yang dibagikan di saluran YouTube Talk Show tvOne, Kamis (13/6/2019).

Dalam pembahasannya, awalnya Ali Ngabalin diminta untuk menjelaskan pernyataan Moeldoko yang meminta agar kasus kerusuhan di aksi 21-22 Mei ini dibuka karena curiga masih ada nama lain selain yang telah disebutkan dalam konferensi pers pada Selasa (11/6/2019) lalu.

Menanggapi hal tersebut, Ali Ngabalin menegaskan bahwa hal tersebut memang harus dilakukan.

"Harus. Itu pertama dalam rangka transparansi, penting untuk kepentingan publik. Dan yang kedua adalah polisi sebagai penegak hukum dan pemangku kuasa keamanan negara, itu penting dalam era transparansi seperti ini, kita perlu menjaga wibawa dan kehormatan institusi kepolisian negara," jelas Ali Ngabalin.

Menanggapi itu, pembawa acara lantas menanyakan siapa yang sebenarnya dicurigai oleh Ali Ngabalin dan Moeldoko tentunya.

"Siapa lagi sih yang dicurigai oleh Pak Moeldoko dan Bang Ali Mochtar Ngabalin? tanya pembawa acara.

Mendengar hal tersebut, Ali Ngabalin tampak tertawa.

"Ya kok sampai keluar pernyataan seperti itu," kata pembawa acara lagi, merespons Ali Ngabalin yang hanya tertawa.

Ali Ngabalin lantas menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan kepercayaan penuh pada kepolisian negara.

"Sebab kalau saya dari dulu selalu mengatakan, ketika kita tidak memberikan apresiasi terhadap kerja-kerja polisi, itu akan membuat wajah keamanan negara hancur," ungkap dia.

Ali Ngabalin mengaku, memang ada indikasi bahwa ada nama lain selain nama yang sudah diumumkan pihak kepolisian.

Misalnya, adalah terkait dari mana uang berasal.

Ali Ngabalin menyebutkan, perlu untuk dilihat lebih jauh uang tersebut hanya berasal dari HM atau ada pihak lainnya lagi.

"Dari mana uangnya? Apakah sampai kepada ada HM saja atau dari siapa lagi. Itu penting. Semua watak manusia yang ingin menghancurkan negara dan menjatuhkan kewibawaan pemerintah dan meruntuhkan pemerintahan itu, itu tidak boleh dibiarkan di republik ini," tegas dia.

Simak video selengkapnya:


Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Ali Ngabalin Titip Pesan untuk Kivlan Zen melalui Kuasa Hukum: Di KMP, Dulu Kami Gebrak-gebrak Meja"

  1. KLIK DI SINI >>> AGENS128
    Haloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
    Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
    Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap
    dan terbesar di ASIA , yaitu di AGENS128 nomor satu loooh Guys di
    ASIA . BONUS nya banyak banget dan Permainan nya lengkap banget loh guyss

    *BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SPORTSBOOK*
    • Berlaku untuk semua Produk permainan Sportsbook seperti :
    -SBOBET
    -MAXBET
    -368BET
    • Syarat deposit minimal 100.000

    Jadi tunggu apalagi, Yang belum gabung,,,,, Langsung Gabung saja di AGENS128, dan ajak teman-teman kamu semua buat gabung disini ya :)

    "JANGAN LUPA" Kunjungi SITUS dibawah ini Guys !!!
    Sabung Ayam Online
    Situs Sbobet
    Login Sabung Ayam S128

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    Whatsapp : 0852-2255-5128
    Line : agens1288
    Telegram : AgenS128
    https://www.linktr.ee/s128agen

    Ayo tunggu apalagi !!! Aman dan Terpercaya !!!

    BalasHapus
  2. CemePoker
    Poker Uang Asli Deposit OVO
    Dapatkan Langsung Bonus New Member 20%
    Hubungi Kami Segera
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    BalasHapus
  3. Butuh penghasilan lebih? yuk bergabung bersama kami di Anapoker dan Agens128
    minimal deposit hanya 10rb dan proses yang kurang dari 3 menit!
    Kalian bisa juga melakukan transaksi deposit via pulsa loh
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami dan nikmati promo menariknya !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    sepakbola

    BalasHapus