TERBONGKAR, Unggahan Ilustrasi Foto Presiden Jokowi di Sejumlah Media Asing Ternyata Hoaks

Hasil gambar untuk time a new hopeless jokowi
Popnesia.com - Masyarakat, terutama para pengguna internet atau netizen, kembali digemparkan oleh beberapa foto atau gambar Presiden Jokowi di sejumlah media asing.

SATU media asing terbitan Amerika Serikat, dua lainnya terbitan Australia.

Namun, ketiga media asing tersebut pada intinya "menyerang" calon presiden 01 Joko Widodo alias Jokowi.

Dalam beberapa hari ini marak beredar di media sosial informasi yang mengaitkan reaksi media di luar negeri terkait penanganan aksi demonstrasi Aksi 22 Mei 2019 oleh pemerintah.

Sejumlah gambar yang disebarkan tersebut antara lain halaman muka koran The Courier-Mail Australia, halaman muka koran Herald Sun Australia dan juga Majalah TIME  dari Amerika Serikat.

Unggahan terkait halaman muka koran The Courier-Mail dari Australia, mengilustrasikan foto Presiden Joko Widodo dengan tangan yang berlumuran darah. 


Dalam unggahan tersebut dinarasikan reaksi media Australia tersebut berkaitan dengan penanganan aksi demonstrasi pada 22 Mei 2019.

Sementara unggahan yang menggunakan cover depan koran Herald Sun menggambarkan sketsa wajah Presiden Joko Widodo dengan judul "Portrait of a Killer" , juga dinarasikan dalam unggahan itu terkait dengan timbulnya korban meninggal dalam aksi demonstrasi di depan Bawaslu RI pada 22 Mei 2019 tersebut.

Dan unggahan yang terakhir adalah cover majalah TIME yang memuat foto Presiden Joko Widodo dengan tulisan " A New Hopeless".

Klaim    : Sejumlah media luar negeri memberikan reaksi negatif atas pemerintahan Presiden Joko Widodo terutama setelah terjadi aksi demonstrasi 22 Mei 2019

Rating   : Salah/Disinformasi

Penjelasan :

Dari penulusuran yang dilakukan oleh ANTARA, koran The Courier-Mail dari Australia memang menampilkan cover foto Presiden Jokowi dengan ilustrasi tangan yang berlumuran darah pada edisi 29 April 2015 sebagai reaksi mereka atas keputusan pemerintah Indonesia untuk melaksanakan hukuman mati bagi warga negara Australia yang dipidana karena kasus narkotika dan obat-obatan terlarang.

Tak hanya The Courier-Mail, sejumlah media Australia lainnya juga memberikan reaksi atas keputusan pemerintah Indonesia melaksanakan hukuman mati bagi warga Australia yang dikenal dengan Bali Nine.

Untuk cover koran Herald Sun Australia, yang menampilkan sketsa wajah Presiden Joko Widodo dengan tulisan "Portrait of a Killer" , juga merupakan reaksi media tersebut atas keputusan pemerintah Indonesia mengeksekusi mati terpidana mati berkewarganegaraan Australia . 

Cover tersebut diterbitkan oleh Herald Sun pada 30 April 2015.

Dengan demikian ilustrasi halaman muka koran The Courier-Mail dan koran Herald Sun dari Australia tersebut tidak ada kaitannya dengan reaksi atas  aksi demonstrasi pada 22 Mei 2019.

Sedangkan cover majalah TIME, dari penelusuran yang dilakukan, majalah tersebut menerbitkan edisi dengan cover wajah Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2014 atau beberapa hari sebelum pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI yang ke-7 pada 20 Oktober 2014.

Yang benar cover TIME menuliskan judul "A New Hope" bukan "A New Hopeless".  (Antara)


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "TERBONGKAR, Unggahan Ilustrasi Foto Presiden Jokowi di Sejumlah Media Asing Ternyata Hoaks"

  1. DISINI, Anda langsung bisa coba dahulu dengan nominal deposit Rp 10.000,-kamu tidak akan menyesal bergabung dengan VITAPOKER. Selamat Bergabung dan Salam Jackpot !


    Promo Terbaru Poker Online – Promo Menjelang Ramadhan Pokervita 1440 Hijriah
    KLIK SINI LANGSUNG!!!


    Informasi Lebih Lanjut:
    | Whatsapp : +62 812-222-2996
    |lINK KAMI di : WWW.POKERVITA.VIP

    BalasHapus
  2. Dapatkan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah di agens128 dan juga Anapoker
    banyak promo menarik dan menguntungkan disini :)
    Salah satunya promo menyambut ramadhan dengan bonus besar
    dengan minimal deposit dan proses cepat paling lama 3 menit
    ada bonus cashbacksetiap hari jumat setiap minggunya
    tunggu apa lagi join sekarang juga :)

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  3. haloo saya mau memberi tau nih agens128 dan Anapoker
    adalah agen terbaik dengan pelayanan nya 24 setiap hari non stop , dan untuk deposit dan withdrawnya
    paling lama hanya butuh waktu 3 menit saja dan sekarang juga bisa menggunakan ovo dan juga go-pay tidak ada kan pelayanan seenak dan secepat ini hanya di sini loh
    buruann join agens128 dan mainkan permainan baru vivo slotnya

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus