Politikus Gerindra Usul Masa Jabatan Presiden Hanya 1 Periode, Lantaran.....


Popnesia.com - Politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengusulkan agar jabatan presiden dan wakil presiden hanya berlangsung satu periode. Andre juga mengusulkan lamanya presiden dan wakil presiden memerintah yang semula lima tahun, ditambah jadi tujuh tahun.

Hal itu diusulkan Andre agar presiden dan wakilnya dapat bekerja dengan fokus dalam membangun bangsa. Selain itu, presiden juga tak perlu repot memikirkan strategi politik untuk menjabat dua periode pada pemilihan selanjutnya.

"Ini usulan pribadi saya, ya. Kalau saya masuk DPR besok, saya usulkan presiden hanya 1 periode. Presiden cukup 1 periode kita kasih 7 tahun," kata Andre di diskusi Polemik "Silent Killer Pemilu Serentak", Jakarta, Sabtu (27/4).

Andre menuturkan, alasan usulan untuk pembatasan periode kepemimpinan presiden karena banyak dugaan kecurangan pada Pemilu 2019. Andre tidak menginginkan seorang presiden petahana menggunakan kekuatan posisinya saat ini demi menjabat lagi di periode kedua.

"Supaya apa? Supaya Presiden betul-betul bekerja untuk rakyat, memenuhi janjinya, bukan presiden itu berpikir bagaimana kalau Kapolri, Panglima TNI, Kasad, kapolda-Kapolda, Danrem-Danrem, untuk bekerja memperkuat kekuasaannya," ujar dia.

"Jangan sampai orang lakukan reformasi, kita berkeringat, kita mengorbankan nyawa, lalu penikmat reformasi, tidak berjuang, merusak reformasi," jelasnya.

Terkait banyaknya kecurangan yang pihak BPN klaim, Andre tetap mengusulkan dibentuknya Tim Pencari Fakta (TPF) kecurangan pemilu. "Dibentuk tim pencari fakta ini untuk menindaklanjuti kecurangan-kecurangan yang ada," ujar dia.Kumparan

Subscribe to receive free email updates: