Sempat Unggah Hasil Pemeriksaan RSKO Andi Arief, Politisi Demokrat Cipta Panca Hapus Postingannya, Ini Isinya

Popnesia.com - Politisi Partai Demokrat Cipta Panca sempat mengunggah foto-foto hasil pemeriksaan ketergantungan zat adiktif mantan Wakil Sekjen Demokrat, Andi Arief di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Jakarta.

Foto-foto tersebut diunggah di akun Twitter milik Cipta Panca, @panca66, Jumat (8/3/2019).

Namun, tak sampai berselang satu jam, foto-foto yang telah diunggah itu kembali dihapus.

Foto yang diunggah Cipta Panca itu merupakan surat hasil laboratorium milik Andi Arief.

Terlihat dari isi surat tersebut, tes dilaksanakan pada Jumat, pukul 15.30 WIB dan selesai 30 menit setelahnya, Jumat, pukul 16.00 WIB.

Tes laboratorium itu menunjukkan hasil bahwa Andi Arief negatif zat adiktif.

Zat adiktif itu terdiri dari Benzodiazepine, Cannabis, Opiate, Amphetamine, dan MDMA.

Dalam suratnya, Andi Arief terbukti memiliki hasil negatif dari kelima zat tersebut.

"Hasil tes lab @AndiArief__ dinyatakan negatif zat adiktif. Mana yang kemarin goreng?" tulis Cipta Panca menyertai keterangan unggahan foto itu.



Sementara itu diberitakan TribunWow.com sebelumnya, Andi Arief telah ditangkap pihak kepolisian di sebuah kamar Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, atas kasus narkoba, Minggu (3/3/2019).

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di KompasTV, Senin (4/3/2019).

Iqbal menjelaskan, penggerebekan Andi Arief ini berawal dari informasi yang pihak kepolisian dapat dari masyarakat bahwa ada pengguna narkoba di sebuah kamar hotel.

"Setelah penyelidikan, mapping, dan sebagainya, petugas berhasil menggerebek dan melakukan upaya paksa kepolisian berbentuk penangkapan dan penyitaan terhadap beberapa yang diduga barang bukti," papar M Iqbal.

"Beberapa yang diduga barang bukti, yang diduga seperangkat alat untuk menggunakan narkoba sudah kami sita," sambungnya.

Menurut Iqbal, Andi Arief sudah menjalani tes urin.

Hasil yang didapat, Andi Arief positif mengkonsumsi sabu.

Mengutip Kompas.com, Kepolisian menyatakan Andi Arief hanya sebagai pengguna narkoba dan belum menemukan bukti bahwa Andi terlibat peredaran narkoba.

"Belum ditemukan bukti-bukti, fakta-fakta kuat apakah saudara AA berkolerasi dengan kelompok mana, mafia mana, dan lain-lain. Sampai saat ini diduga kuat saudara AA hanya sebatas pengguna," ucap Iqbal.

Setelah ditahan dan menjalani pemeriksaan selama dua hari, Andi Arief dibebaskan oleh pihak kepolisian, Selasa (5/3/2019) malam.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, menyatakan proses administrasi Andi Arief sudah selesai di Direktorat IV Bareskrim Polri.

Wasekjen Partai Demokrat itu pun diperbolehkan pulang.

"Proses administrasi sudah selesai. Semua surat-surat sudah ditandatangai. Untuk malam ini, AA sudah diperbolehkan pulang," ujar Dedi lewat pesan singkat, Selasa malam (5/3/2019).

Namun Andi Arief masih harus kembali mendatangi Direktorat IV Bareskrim untuk menjalani proses rehabilitasi di Badan Narkotika Nasional. (TribunWow.com/Nanda)



Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com 

Subscribe to receive free email updates: